SMA Negeri 2 Salatiga

Projek Profil Pelajar Pancasila

Bacalah dengan seksama agar dapat mengerjakan tugas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan benar.

- Bhinneka Tunggal Ika


LEGENDA NUSANTARA

Legenda adalah sebuah genre dari cerita rakyat yang terdiri atas narasi yang menampilkan perbuatan-perbuatan manusia yang diyakini atau dipercayai oleh si pencerita dan pendengarnya sebagai suatu kisah nyata yang pernah terjadi. Narasi dalam genre ini bisa saja menunjukkan nilai-nilai manusia, dan memiliki beberapa kualitas tertentu yang membuat ceritanya terdengar seperti nyata. Legenda, untuk partisipan aktif dan pasif-nya dapat mencakup mukjizat atau keajaiban. Legenda dapat bertransformasi dari waktu ke waktu.
Tim Legenda Nusantara

Judul Legenda Nusantara

No
Legenda
Kelas
1 Lona Kaka dan Lona Rara 10-A
2 Legenda Batu Menangis 10-A
3 Legenda Batu Mamben 10-A
4 Legenda Khawadiyah 10-B
5 - 10-B
6 Legenda Oheo 10-B
7 Legenda Buleleng dan Singaraja 10-C
8 Legenda Ratna Ayu Wideradin 10-C
9 - 10-C
10 Aki Balak 10-D
11 Penghulu Tiga Lorong 10-D
12 Buaya Putih Setu Babakan 10-D
13 Legenda La Sirimbone 10-E
14 Baru Klinting - Rawa Pening 10-E
15 Putri Gading Cempaka 10-E
16 Legenda Batu Bagga 10-F
17 Naga Emas dan Danau Ranau 10-F
18 Asal Mula Air Telaga Biru 10-F
19 Kisah Ajuang Batu Peti 10-G
20 Legenda Siamang Putih 10-G
21 Si Pahit Lidah 10-G
22 Tuan Tapa dan Putri Naga 10-H
23 - 10-H
24 - 10-H
25 Asal Mula Daerah Phantungo 10-I
26 Legenda Desa Tambak Bajai 10-I
27 Legenda Bukit Kelam 10-I
28 Legenda Bukit Fafinesu 10-J
29 Asal Usul Sungai Palu 10-J
30 Asal Usul Irian 10-J
31 Asal Anak Sungai Mahakam 10-K
32 - 10-K
33 - 10-K
34 - 11-A-1
35 Biwar Sang Penakluk Naga 11-A-1
36 Legenda Danau Lindu 11-A-1
37 Asal Mula Danau Lipan 11-A-2
38 Batu Belah 11-A-2
39 Mandin Tangkaramin 11-A-2
40 Meninggalnya Raja Bunu 11-A-3
41 Kisah Abo Mamongkuroit 11-A-3
42 - 11-A-3
43 Asal Usul Gajah Wong 11-A-4
44 Asal Usul Tapa Gorontalo 11-A-4
45 - 11-A-4
46 Asal Mula Kerajaan Mori 11-A-5
47 Lutung Kesarung 11-A-5
48 Asal Mula Ikan Duyung 11-A-5
49 Legenda Gunung Mauraja 11-A-6
50 Legenda Pohon Enau 11-A-6
51 Legenda Pulau Si Jangoi 11-A-6
52 Asal Usul Raja Tanjung Kutai 11-B-1
53 Telur Pecah 11-B-1
54 Jaka Tarub dan 7 Bidadari 11-B-1
55 Si Penyumpit 11-S-1
56 Legenda Sungai Kapuas 11-S-1
57 Putri Serindang Bulan 11-S-1
58 Mentiko Betuah 11-S-2
59 Legenda Gede Gusti Pasekan 11-S-2
60 - 11-S-2
61 - 11-S-3
62 Legenda Putri Tujuh 11-S-3
63 - 11-S-3
64 Asal Mula Reog Ponorogo 11-S-4
65 Legenda Nyi Roro Kidul 11-S-4
66 Putri Junjung Buih 11-S-4
67 Asal Usul Tanjung Penyusuk 12-A-1
68 - 12-A-1
69 - 12-A-1
70 - 12-A-2
71 Legenda Nenek Luhu 12-A-2
72 - 12-A-2
73 Karang Bolong 12-A-3
74 Legenda Ki Rangga Gading 12-A-3
75 - 12-A-3
76 Legenda Burung Moopoo 12-A-4
77 Legenda Batu Rantai 12-A-4
78 Hikayat Hang Tuah 12-A-4
79 - 12-A-5
80 I Laurang Manusia Udang 12-A-5
81 Legenda Batu Kuwung 12-A-5
82 Si Pitung 12-A-6
83 Legenda Danau Pulau Ranau 12-A-6
84 Asal Usul Salatiga 12-A-6
85 - 12-B-1
86 Si Jampang Jagoan Betawi 12-B-1
87 - 12-B-1
88 Legenda Pulau Senua 12-S-1
89 Toji Laowomaru 12-S-1
90 Legenda Putri Ciliyana 12-S-1
91 - 12-S-2
92 - 12-S-2
93 Kisah Asung Luwan 12-S-2
94 Legenda Telaga Biru 12-S-3
95 Legenda Negeri Lempur 12-S-3
96 - 12-S-3
97 Si Rusa dan Si Kilomang 12-S-4
98 Asal Usul Tari Pattudu 12-S-4
99 Sangkuriang 12-S-4

Informasi Umum

Penyusun
Tim Projek Legenda Nusantara
Sekolah
SMA Negeri 2 Salatiga
Fase
E [Kelas X]
Waktu
9 jam pelajaran
Sarana Prasarana
Naskah Pertunjukan
Gedung Pertunjukan
Properti Pertunjukan
Dekorasi
Sound system
Tata musik
Publikasi dan Dokumentasi
Perlengkapan yang mendukung
Sasaran
Peserta didik pada kelas regular

Relevansi Tema dan Topik Projek

Tema
Legenda Nusantara
Topik Projek
Pertunjukann drama legenda
Relevansi Tema dan Topik Projek
Melakukan pertunjukan drama dengan naskah yang bersumber dari legenda Nusantara

Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila

Deskripsi singkat Projek
Mementaskan naskah drama hasil lomba literasi penulisan naskah drama legenda
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila
Dimensi
Profil Pelajar Pancasila terkait
Elemen
Profil Pelajar Pancasila
Sub-elemen
Profil Pelajar Pancasila
Target pencapaian
di akhir Fase E
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Akhlak kepada sesama manusia Memahami hubungan antar manusia Menciptakan hubungan antarmanusia yang harmonis
Gotong Royong Kolaborasi Kerja sama Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama
Kreatif Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif Menghasilkan sebuah karya yang kreatif
Tanggung jawab Menyelesaikan tugas sampai tuntas Mempertanggung jawabkan hasil pekerjaannya Membuat sebuah karya dapat dipertanggung-jawabkan
Kemandirian Mengerjakan tugas secara mandiri Mengerjakan tugas dengan mandiri dan inisiatif sendiri Menyelesaikan tugas secara mandiri dan inisiatif tanpa bergantung kepada orang lain

Alur Kegiatan Projek

Pengenalan
Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti)
  1. Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
  2. Memperkenalkan tema projek
  3. Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek

Kontektualisasi Peserta Didik
Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Hari ke - 1
  1. Menggali informasi legenda Nusantara
  2. Observasi naskah drama legenda
  3. Membedah naskah drama legenda
  4. Menyunting naskah drama legenda
  5. Memantapkan naskah drama legenda
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka

Aksi Peserta Didik
Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Hari ke - 2
s.d.
Hari ke - 4
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat konsep.
  2. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih sesuai pembagian tugas
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Hari ke - 5
  1. Peserta didik bersama guru pendamping melakukan evaluasi awal
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Hari ke - 6
s.d.
Hari ke - 8
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan persiapan pementasan
  2. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih acting (latihan peran)
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Hari ke - 9
  1. Peserta didik bersama guru pendamping melakukan evaluasi latihan
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Hari ke - 10
s.d.
Hari ke - 11
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan gladi bersih
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Hari ke - 12
s.d.
Hari ke - 14
  1. Peserta didik melakukan pementasan dan apresiasi terhadap pementasan drama
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka

Pelaporan
Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Hari ke - 15
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan pementasan drama legenda Nusantara
-
Refleksi
Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi pementasan drama legenda Nusantara

Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya

Asesmen

Rubrik Asesmen Legenda Nusantara
Kelas : 10-A
No
Nama Peserta Didik
Nilai
Nilai
Akhir
Perencanaan
Pelaksanaan
Hasil
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8
1
2
01
  ACHMAD RIZQI AKBAR
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
02
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
03
  ALIFIA KHOIRUN NISA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
04
  ANISA CAHYA KARTIKA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
05
  AULIA OKTA FITRIANI
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
06
  AULIA RAHMA ASSYIFAA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
07
  AXEL PUTRA PRAKOSA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
08
  AZKI HILYATA MILLA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
09
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
10
  DANISSA SIFA AULIA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
11
  DINAR AMELIA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
12
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-

KETERANGAN
Perencanaan
  1. Peserta didik menggali informasi legenda Nusantara
  2. Peserta didik observasi naskah drama legenda
  3. Peserta didik membedah naskah drama legenda
  4. Peserta didik menyunting naskah drama legenda
  5. Peserta didik memantapkan naskah drama legenda
Pelaksanaan
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat konsep.
  2. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat berlatih sesuai pembagian tugas
  3. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi awal
  4. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan persiapan pementasan
  5. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih acting (latihan peran)
  6. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi latihan
  7. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan gladi bersih
  8. Peserta didik melakukan pementasan dan apresiasi terhadap pementasan drama
Hasil
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melaksanakan pementasan
  2. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan pementasan legenda Nusantara

Format Laporan Pementasan

HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I - PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
  2. Maksud dan Tujuan
  3. Manfaat
  4. Waktu Pelaksanaan Pementasan Legenda
BAB II - DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PEMENTASAN DRAMA
  1. Pembagian Tugas
  2. Jadwal Kegiatan Kelompok
  3. Sinopsis Naskah Drama
BAB III - PENUTUP
  1. Saran
  2. Kesimpulan
LAMPIRAN
  1. Naskah Drama Legenda Nusantara
  2. Dokumentasi berupa foto perencanaan, latihan dan pementasan
  3. Video pementasan
  4. Poster publikasi pementasan
  5. Laporan pementasan
TIM LEGENDA NUSANTARA
  • Tentrem Lestari
  • Arti Ratriani S
  • Aan Rahmaani M
  • Sri Lestari
  • Riska Ulfia K
  • Supriyatun
  • Yuli Hartati
  • Bambang Murtioso
  • Cahyo Eko Martono
  • Contact Person

    Masnun Suaedi
    Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
    081-575-440-484

    Maria Suharsini
    Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
    085-727-990-059

    Wali Kelas/Pembimbing
    Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

    - Gaya Hidup Berkelanjutan

    Download Modul P5

    10 - 14 Februari 2025
    Pelaksanaan kegiatan P5 - Gaya Hidup Berkelanjutan dengan beberapa kegiatan antara lain : Pembuatan Mural, Pembautan dan Pengelolaan Taman Kelas dan Pembuatan Ecobricks dan Monumen Ecobricks

    Tim Gaya Hidup Berkelanjutan

    Informasi Umum

    Penyusun
    Tim Projek Gaya Hidup Berkelanjutan
    Sekolah
    SMA Negeri 2 Salatiga
    Fase
    E [Kelas X] dan F [Kelas 11]
    Waktu
    102 jam pelajaran
    Sarana Prasarana
    Cat dan perlengkapan untuk Mural
    Alat-alat Pertanian
    Bahan untuk Ecobricks
    Sasaran
    Peserta didik pada kelas regular

    Relevansi Tema dan Topik Projek

    Tema
    Gaya Hidup Berkelanjutan
    Topik Projek
    Pembuatan dan Pemeliharaan Taman Kelas, Mural dan Ecobricks
    Relevansi Tema dan Topik Projek
    Pemanfaatan lahan

    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila

    Deskripsi singkat Projek
    Membuat produk siap pakai yang ramah lingkungan
    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila
    Dimensi
    Profil Pelajar Pancasila terkait
    Elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Sub-elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Target pencapaian
    di akhir Fase E
    Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Akhlak kepada alam Memahami keterhubungan ekosistem bumi Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta
    Menjaga lingkungan alam sekitar Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut
    Gotong Royong Kolaborasi Kerja sama Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama
    Koordinasi sosial Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama
    Kreatif Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.
    Bernalar kritis Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut
    Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu
    Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan

    Alur Kegiatan Projek

    Pengenalan
    Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Ekonomi, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika)
    1. Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
    2. Memperkenalkan tema projek
    3. Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek

    Kontektualisasi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 1
    1. Menggali informasi terkait kegiatan
    2. Melakukan survei lingkungan sekitar
    3. Melakukan rencana kegiatan masing-masing kelompok dalam kelas
    4. Membagi kelompok kerja
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Aksi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 2 s.d. 5
    1. Peserta didik dibawah bimbingan pendidik melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugasnya masing-masing
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Pelaporan
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 9
    s.d.
    Hari ke - 10
    1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan kegiatan
    -

    Refleksi
    Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek

    Tindak Lanjut
    Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya

    Asesmen

    Nilai peserta didik dalam kegiatan
    Kelas : 10-A
    No
    Nama Peserta Didik
    Nilai
    Nilai
    Akhir
    Perencanaan
    Pelaksanaan
    Hasil
    1
    2
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1
    2
    01
      ACHMAD RIZQI AKBAR
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    02
      AKIA 'ABID AKBARI ROMERO
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    03
      ALIFIA KHOIRUN NISA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    04
      ANISA CAHYA KARTIKA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    05
      AULIA OKTA FITRIANI
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    06
      AULIA RAHMA ASSYIFAA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    07
      AXEL PUTRA PRAKOSA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    08
      AZKI HILYATA MILLA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    09
      BERLIANNA LINTANG PURUHITA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    10
      DANISSA SIFA AULIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    11
      DINAR AMELIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    12
      EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -

    KETERANGAN
    Perencanaan
    1. Mengenal kegiatan yang akan dilakukan
    Pelaksanaan
    1. Melaksanakan kegiatan mural
    2. Melaksanakan kegiatan pembuatan dan pemeliharaan taman kelas
    3. Melaksanakan kegiatan ecibricks
    Hasil
    1. Gambar sesuai tema
    2. Taman Kelas yang indah
    3. Monumen Ecobricks

    Soal-soal Tes Diagnostik

    Level 1 - Mengenal kegiatan yang akan dilakukan
    1. Apakah pernah mendengar istilah mural dan ecobricks?
    2. Pernahkah melihat produk mural dan ecobricks?
    Level 2 - Mengenal Mural
    1. Sebutkan tema kegiatan mural?
    2. Sebutkan alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat mural!
    Level 3 - Mengenal Taman Kelas
    1. Sebutkan tema taman kelas kalian!
    2. Mengapa memilih tema tersebut?
    Level 4 - Mengenal Ecobricks
    1. Sebutkan alat dan bahan membuat ecobricks!
    2. Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat monumen ecobricks?

    Format Laporan Kegiatan

    HALAMAN SAMPUL (COVER)
    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI

    BAB I - PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Maksud dan Tujuan
    3. Manfaat
    4. Waktu Pelaksanaan Ecoprint
    BAB II - DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN ECOPRINT
    1. Pembagian Tugas
    2. Jadwal Kegiatan Kelompok
    3. Hasil dari kegiatan Ecoprint
    BAB III - PENUTUP
    1. Saran
    2. Kesimpulan
    LAMPIRAN
    1. Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
    2. Video kegiatan (bila ada)
    TIM ECOPRINT
  • Siti Purwatiningsih
  • Maria Suharsini
  • Nur Rochmah
  • Paryadi
  • Kun Murtiastuti
  • Indah Ismiyati
  • Paulina Linda P
  • Rukmiyati
  • Nur Endah Setyorini
  • Contact Person

    Masnun Suaedi
    Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
    081-575-440-484

    Maria Suharsini
    Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
    085-727-990-059

    Wali Kelas/Pembimbing
    Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

    - Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI

    REKAYASA DIGITAL
    3 - 13 Juni 2025
    Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif dan inovatif sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk teknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik mengasah berbagai ketrampilan berpikir dalam mewujudkan produk teknologi. Peserta didik dapat mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa secara sederhana mulai dari cara menentukan spesifikasi sampai dengan ujicoba, untuk membangun model atau prototipe produk bidang rekayasa. Peserta didik juga dapat mengasah ketrampilan coding untuk menciptakan karya digital dan berkreasi di bidang robotika.
    Tim Rekayasa Digital

    Informasi Umum

    Penyusun
    Tim Rekayasa Digital
    Sekolah
    SMA Negeri 2 Salatiga
    Fase
    E [Kelas X]
    Waktu
    102 jam pelajaran
    Sarana Prasarana
    Kamera Digital
    Handycam/perekam
    Sasaran
    Peserta didik pada kelas regular

    Relevansi Tema dan Topik Projek

    Tema
    Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI
    Topik Projek
    Rekayasa Digital
    Relevansi Tema dan Topik Projek
    Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah

    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila

    Deskripsi singkat Projek
    Membuat film
    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila
    Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah
    Dimensi
    Profil Pelajar Pancasila terkait
    Elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Sub-elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Target pencapaian
    di akhir Fase E
    Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Akhlak kepada alam Memahami keterhubungan ekosistem bumi Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta
    Menjaga lingkungan alam sekitar Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut
    Gotong Royong Kolaborasi Kerja sama Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama
    Koordinasi sosial Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama
    Kreatif Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.
    Bernalar kritis Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut
    Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu
    Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan

    Alur Kegiatan Projek

    Asesmen

    Tes Sumatif
    Kelas : 10-A
    No
    Nama Peserta Didik
    Nilai
    Nilai
    Akhir
    Perencanaan
    Pelaksanaan
    Hasil
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1
    2
    3
    4
    5
    01
      ACHMAD RIZQI AKBAR
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    02
      AKIA 'ABID AKBARI ROMERO
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    03
      ALIFIA KHOIRUN NISA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    04
      ANISA CAHYA KARTIKA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    05
      AULIA OKTA FITRIANI
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    06
      AULIA RAHMA ASSYIFAA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    07
      AXEL PUTRA PRAKOSA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    08
      AZKI HILYATA MILLA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    09
      BERLIANNA LINTANG PURUHITA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    10
      DANISSA SIFA AULIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    11
      DINAR AMELIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    12
      EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -

    Soal-soal Tes Diagnostik

    Format Laporan Kegiatan

    HALAMAN SAMPUL (COVER)
    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI

    BAB I - PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Maksud dan Tujuan
    3. Manfaat
    4. Waktu Pelaksanaan Ecoprint
    BAB II - DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN
    1. Pembagian Tugas
    2. Jadwal Kegiatan Kelompok
    3. Hasil dari kegiatan Ecoprint
    BAB III - PENUTUP
    1. Saran
    2. Kesimpulan
    LAMPIRAN
    1. Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
    2. Video kegiatan (bila ada)
    TIM ECOPRINT
  • Siti Purwatiningsih
  • Maria Suharsini
  • Nur Rochmah
  • Paryadi
  • Kun Murtiastuti
  • Indah Ismiyati
  • Paulina Linda P
  • Rukmiyati
  • Nur Endah Setyorini
  • Contact Person

    Masnun Suaedi
    Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
    081-575-440-484

    Maria Suharsini
    Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
    085-727-990-059

    Wali Kelas/Pembimbing
    Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

    - Suara Demokrasi

    PILKETOS
    5 - 20 September 2023
    Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas, diberikan secara bebas dari masyarakat dewasa. Demokrasi ialah bentuk pemerintahan di mana semua warga negaranya memiliki hak yang sama untuk pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara ikut serta—baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum.
    Tim Suara Demokrasi

    Informasi Umum

    Penyusun
    Tim Projek Suara Demokrasi
    Sekolah
    SMA Negeri 2 Salatiga
    Fase
    E [Kelas X]
    Waktu
    9 jam pelajaran
    Sarana Prasarana
    Rubrik tahap Pemilihan umum
    Kartu suara
    Papan nama/label
    Gambar/foto calon
    MMT sosialisasi
    Daftar pemilih
    Alat pencoblosan
    Bilik suara
    Kotak suara
    Perlengkapan lainnya
    Sasaran
    Peserta didik pada kelas regular

    Relevansi Tema dan Topik Projek

    Tema
    Partisipasi individu dalam dinamika pelaksanaan demokrasi
    Topik Projek
    Pemilihan kepala daerah (walikota)
    Relevansi Tema dan Topik Projek
    Pelaksanaan pemilihan umum yang demokratis

    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila

    Deskripsi singkat Projek
    Memberikan pengetahuan tentang proses dan prosedur pemilu
    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila
    Dimensi
    Profil Pelajar Pancasila terkait
    Elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Sub-elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Target pencapaian
    di akhir Fase E
    Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Akhlak kepada sesama manusia Memahami hubungan antar manusia Menciptakan hubungan antarmanusia yang harmonis
    Gotong Royong Kolaborasi Kerja sama untuk satu tujuan Menyelaraskan kepentingan Bersama serta mengesampingkan kepentingan pribadi/golongan
    Koordinasi sosial Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama
    Kreatif Menghasilkan pemilu yang demokratis Melaksanakan pemilu dengan memunculkan kreativitas Berkreativitas dengan berbagai ide secara kreatif untuk memunculkan gagasan sesuai dengan situasi.
    Bernalar kritis Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut
    Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu
    Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan
    Demokrasi Memahami proses dan prosedur pemilu Pelaksanaan pemilu secara demokratis
    Menjaga persatuan dan kesatuan antarmasyarakat dan golongan Mewujudkan pemilu yang demokratis

    Alur Kegiatan Projek

    Pengenalan
    Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Sosiologi, Geografi, Sejarah, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Informatika)
    1. Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
    2. Memperkenalkan tema projek
    3. Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek

    Kontektualisasi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 1
    1. Menggali informasi terkait pemilu
    2. Melakukan survei lingkungan terkait masyarakat sekitar
    3. Menentukan jenis kegiatan yang akan dikerjakannya
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Aksi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 2
    1. Peserta didik dibawah bimbingan pendidik menyusun proposal/rencana kegiatan pemilihan dan didalamnya terdapat uraian tugas kepanitiaan
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 3
    1. Perwakilan peserta didik dari semua kelas membentuk kepanitiaan dan merencanakan tugas yang akan dilakukan
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 4
    1. Panitia memmberikan sosialisasi ke warga tentang pelaksanaan pemilihan dan dilanjutkan dengan tanya jawab terbuka
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 5
    1. Proses pencalonan dari masing-masing kelompok dan pelaksanaan tes kemampuan dari colan tersebut
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 6
    1. Penetapan calon, kampanye terbuka dan debat terbuka
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 7
    1. Pelaksanaan pemilihan, penghitungan suara dan penetapan calon terpilih
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 8
    1. Pelantikan calon terpilih oleh panitia
    2. Penyusunan program kerja calon terpilih dan sosialisasi ke warga
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka


    Pelaporan
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 9
    s.d.
    Hari ke - 10
    1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan kegiatan
    -

    Refleksi
    Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek

    Tindak Lanjut
    Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya

    Asesmen

    Tes Sumatif Suara Demokrasi
    Kelas : 10-A
    No
    Nama Peserta Didik
    Nilai
    Nilai
    Akhir
    Perencanaan
    Pelaksanaan
    Hasil
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1
    2
    3
    4
    5
    01
      ACHMAD RIZQI AKBAR
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    02
      AKIA 'ABID AKBARI ROMERO
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    03
      ALIFIA KHOIRUN NISA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    04
      ANISA CAHYA KARTIKA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    05
      AULIA OKTA FITRIANI
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    06
      AULIA RAHMA ASSYIFAA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    07
      AXEL PUTRA PRAKOSA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    08
      AZKI HILYATA MILLA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    09
      BERLIANNA LINTANG PURUHITA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    10
      DANISSA SIFA AULIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    11
      DINAR AMELIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    12
      EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -

    KETERANGAN
    Perencanaan
    1. Informasi terkait pemilu
    2. Survei lingkungan terkait masyarakat sekitar
    3. Jenis kegiatan yang akan dikerjakannya
    Pelaksanaan
    1. Proposal/rencana kegiatan pemilihan dan didalamnya terdapat uraian tugas kepanitiaan
    2. Perwakilan peserta didik dari semua kelas membentuk kepanitiaan dan merencanakan tugas yang akan dilakukan
    3. Panitia memmberikan sosialisasi ke warga tentang pelaksanaan pemilihan dan dilanjutkan dengan tanya jawab terbuka
    4. Proses pencalonan dari masing-masing kelompok dan pelaksanaan tes kemampuan dari colan tersebut
    5. Penetapan calon, kampanye terbuka dan debat terbuka
    6. Pelaksanaan pemilihan, penghitungan suara dan penetapan calon terpilih
    7. Pelantikan calon terpilih oleh panitia dan penyusunan program kerja calon terpilih dan sosialisasi ke warga
    Hasil
    1. Penyusunan laporan individu

    Soal-soal Tes Diagnostik

    Level 1 - Mengenal pemilihan
    1. Apakah pernah mendengar istilah pemilihan umum?
    2. Pernahkah kalian melihat proses pemilihan umum di lingkungan kalian?
    Level 2 - Mengenal pemilihn umum
    1. Sebutkan lembaga negara yang dipilih melalui pemilihan umum
    Level 3 - Pelaksana pemilihan umum
    1. Siapakah yang ditugasi melaksanakan pemilihan umum?
    Level 4 - Kampanye
    1. Apakah tujuan dilaksanakannya kampanye dalam pemilihan umum?
    Level 5 - Tujuan pemilihan umum
    1. Mengapa di negara demokrasi selalu dilaksanakan pemilihan umum?

    Format Laporan Kegiatan

    HALAMAN SAMPUL (COVER)
    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI

    BAB I - PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Maksud dan Tujuan
    3. Manfaat
    4. Waktu Pelaksanaan Pemilihan Umum
    BAB II - DESKRIPSI PELAKSANAAN PEMILIHAN UMUM
    1. Pembagian Tugas
    2. Jadwal Kegiatan Pemilihan Umum
    3. Hasil Pemilihan Umum
    BAB III - PENUTUP
    1. Saran
    2. Kesimpulan
    LAMPIRAN
    1. Dokumentasi berupa foto selama kegiatan
    TIM SUARA DEMOKRASI
  • Masnun Suaedi
  • Wiwik Indriastuti
  • David Arfiyunanda
  • Abidah
  • Sugiono
  • Contact Person

    Masnun Suaedi
    Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
    081-575-440-484

    Maria Suharsini
    Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
    085-727-990-059

    Wali Kelas/Pembimbing
    Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

    - Kewirausahaan

    KREASI OLAH MAKANAN
    Oktober 2023
    Mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat. Siswa kemudian merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dalam kerangka pembangunan berkelanjutan. Melalui kegiatan dalam projek ini seperti terlibat dalam kegiatan ekonomi rumah tangga, berkreasi untuk menghasilkan karya bernilai jual, dan kegiatan lainnya, yang kemudian diikuti dengan proses analisis dan refleksi hasil kegiatan mereka. Melalui kegiatan ini, kreatifitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan.
    Tim Kewirausahaan

    Informasi Umum

    Penyusun
    Tim Kewirausahaan
    Sekolah
    SMA Negeri 2 Salatiga
    Fase
    E [Kelas X]
    Waktu
    102 jam pelajaran
    Sarana Prasarana
    Alat memasak
    Bahan bahan makanan
    Sasaran
    Peserta didik pada kelas regular

    Relevansi Tema dan Topik Projek

    Tema
    Kewirausahaan
    Topik Projek
    Kreasi berbasis potensi
    Relevansi Tema dan Topik Projek
    Membuat kreasi makanan menggunakan bahan bahan yang ada di daerah

    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila

    Deskripsi singkat Projek
    Membuat film
    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila
    Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah
    Dimensi
    Profil Pelajar Pancasila terkait
    Elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Sub-elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Target pencapaian
    di akhir Fase E
    Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Akhlak kepada alam Memahami keterhubungan ekosistem bumi Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta
    Menjaga lingkungan alam sekitar Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut
    Gotong Royong Kolaborasi Kerja sama Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama
    Koordinasi sosial Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama
    Kreatif Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.
    Bernalar kritis Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut
    Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu
    Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan

    Alur Kegiatan Projek

    Pengenalan
    Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Ekonomi, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika)
    1. Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
    2. Memperkenalkan tema projek
    3. Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek

    Kontektualisasi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 1
    1. Menggali informasi terkait ecoprint
    2. Melakukan survei lingkungan terkait tanaman yang ada di sekitarnya
    3. Memilih daun/tanaman yang akan di jadikan projek
    4. Menentukan jenis produk yang akan dikerjakannya
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Aksi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 2
    1. Peserta didik dibawah bimbingan pendidik menyusun proposal/rencana kegiatan projek
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 3
    1. Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 4
    s.d.
    Hari ke - 6
    1. Mengerjakan projek dibawah bimbingan pendidik ( di tempat yang disudah disepakati
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 7
    1. Merancang pengemasan hasil projek
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 8
    1. Merencanakan pemasaran hasil projek
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Pelaporan
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 9
    s.d.
    Hari ke - 10
    1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan kegiatan
    -

    Refleksi
    Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek

    Tindak Lanjut
    Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya

    Asesmen

    Tes Sumatif Ecoprint
    Kelas : 10-A
    No
    Nama Peserta Didik
    Nilai
    Nilai
    Akhir
    Perencanaan
    Pelaksanaan
    Hasil
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1
    2
    3
    4
    5
    01
      ACHMAD RIZQI AKBAR
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    02
      AKIA 'ABID AKBARI ROMERO
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    03
      ALIFIA KHOIRUN NISA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    04
      ANISA CAHYA KARTIKA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    05
      AULIA OKTA FITRIANI
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    06
      AULIA RAHMA ASSYIFAA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    07
      AXEL PUTRA PRAKOSA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    08
      AZKI HILYATA MILLA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    09
      BERLIANNA LINTANG PURUHITA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    10
      DANISSA SIFA AULIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    11
      DINAR AMELIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    12
      EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -

    KETERANGAN
    Perencanaan
    1. Mengenal ecoprint
    2. Mengenal pewarna alam
    3. Klasifikasi tanaman yang digunakan untuk ecoprint
    4. Klasifikasi jenis tanaman yang menghasilkan warna tajam
    5. Proses ecoprint
    Pelaksanaan
    1. Eksplorasi / Belajar mandiri
    2. Penyiapan kain / Mor danting
    3. Penyiapan daun / Eksplorasi daun
    4. Proses printing pertama
    5. Evaluasi hasil printing
    6. Penyiapan daun dan desain
    Hasil
    1. Kemanfaatan produk
    2. Keindahan karya
    3. Pengetahuan baru
    4. Ramah lingkungan
    5. Nilai ekonomi

    Soal-soal Tes Diagnostik

    Level 1 - Mengenal ecoprint
    1. Apakah pernah mendengar istilah ecoprint?
    2. Pernahkah melihat produk ecoprint?
    Level 2 - Mengenal pewarna alam
    1. Sebutkan macam-macam pewarna alam!
    2. Sebutkan jenis tanaman yang menghasilkan pewarna alam beserta warna yang dihasilkan!
    Level 3 - Klasifikasi tanaman yang digunakan untuk ecoprint
    1. Sebutkan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
    2. Klasifikasikan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
    Level 4 - Klasifikasi jenis tanaman yang menghasilkan warna hitam
    1. Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tajam!
    2. Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tidak tajam!
    Level 5 - Proses ecoprint
    1. Tahukah proses pembuatan ecoprint?
    2. Sebutkan tahapan pembuatan ecoprint!

    Format Laporan Kegiatan

    HALAMAN SAMPUL (COVER)
    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI

    BAB I - PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Maksud dan Tujuan
    3. Manfaat
    4. Waktu Pelaksanaan Ecoprint
    BAB II - DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN ECOPRINT
    1. Pembagian Tugas
    2. Jadwal Kegiatan Kelompok
    3. Hasil dari kegiatan Ecoprint
    BAB III - PENUTUP
    1. Saran
    2. Kesimpulan
    LAMPIRAN
    1. Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
    2. Video kegiatan (bila ada)
    TIM ECOPRINT
  • Siti Purwatiningsih
  • Maria Suharsini
  • Nur Rochmah
  • Paryadi
  • Kun Murtiastuti
  • Indah Ismiyati
  • Paulina Linda P
  • Rukmiyati
  • Nur Endah Setyorini
  • Contact Person

    Masnun Suaedi
    Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
    081-575-440-484

    Maria Suharsini
    Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
    085-727-990-059

    Wali Kelas/Pembimbing
    Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

    - Bangunlah Jiwa dan Raganya

    JIWA RAGAKU SEHAT
    15 September 2024
    Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif dan inovatif sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk teknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik mengasah berbagai ketrampilan berpikir dalam mewujudkan produk teknologi. Peserta didik dapat mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa secara sederhana mulai dari cara menentukan spesifikasi sampai dengan ujicoba, untuk membangun model atau prototipe produk bidang rekayasa. Peserta didik juga dapat mengasah ketrampilan coding untuk menciptakan karya digital dan berkreasi di bidang robotika.
    Tim Bangunlah Jiwa dan Raganya

    Informasi Umum

    Penyusun
    Tim Rekayasa Digital
    Sekolah
    SMA Negeri 2 Salatiga
    Fase
    E [Kelas X]
    Waktu
    102 jam pelajaran
    Sarana Prasarana
    Kamera Digital
    Handycam/perekam
    Sasaran
    Peserta didik pada kelas regular

    Relevansi Tema dan Topik Projek

    Tema
    Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI
    Topik Projek
    Rekayasa Digital
    Relevansi Tema dan Topik Projek
    Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah

    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila

    Deskripsi singkat Projek
    Membuat film
    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila
    Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah
    Dimensi
    Profil Pelajar Pancasila terkait
    Elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Sub-elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Target pencapaian
    di akhir Fase E
    Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Akhlak kepada alam Memahami keterhubungan ekosistem bumi Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta
    Menjaga lingkungan alam sekitar Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut
    Gotong Royong Kolaborasi Kerja sama Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama
    Koordinasi sosial Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama
    Kreatif Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.
    Bernalar kritis Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut
    Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu
    Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan

    Alur Kegiatan Projek

    Pengenalan
    Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Ekonomi, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika)
    1. Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
    2. Memperkenalkan tema projek
    3. Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek

    Kontektualisasi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 1
    1. Menggali informasi terkait ecoprint
    2. Melakukan survei lingkungan terkait tanaman yang ada di sekitarnya
    3. Memilih daun/tanaman yang akan di jadikan projek
    4. Menentukan jenis produk yang akan dikerjakannya
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Aksi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 2
    1. Peserta didik dibawah bimbingan pendidik menyusun proposal/rencana kegiatan projek
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 3
    1. Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 4
    s.d.
    Hari ke - 6
    1. Mengerjakan projek dibawah bimbingan pendidik ( di tempat yang disudah disepakati
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 7
    1. Merancang pengemasan hasil projek
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 8
    1. Merencanakan pemasaran hasil projek
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Pelaporan
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 9
    s.d.
    Hari ke - 10
    1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan kegiatan
    -

    Refleksi
    Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek

    Tindak Lanjut
    Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya

    Asesmen

    Tes Sumatif Ecoprint
    Kelas : 10-A
    No
    Nama Peserta Didik
    Nilai
    Nilai
    Akhir
    Perencanaan
    Pelaksanaan
    Hasil
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1
    2
    3
    4
    5
    01
      ACHMAD RIZQI AKBAR
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    02
      AKIA 'ABID AKBARI ROMERO
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    03
      ALIFIA KHOIRUN NISA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    04
      ANISA CAHYA KARTIKA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    05
      AULIA OKTA FITRIANI
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    06
      AULIA RAHMA ASSYIFAA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    07
      AXEL PUTRA PRAKOSA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    08
      AZKI HILYATA MILLA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    09
      BERLIANNA LINTANG PURUHITA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    10
      DANISSA SIFA AULIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    11
      DINAR AMELIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    12
      EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -

    KETERANGAN
    Perencanaan
    1. Mengenal ecoprint
    2. Mengenal pewarna alam
    3. Klasifikasi tanaman yang digunakan untuk ecoprint
    4. Klasifikasi jenis tanaman yang menghasilkan warna tajam
    5. Proses ecoprint
    Pelaksanaan
    1. Eksplorasi / Belajar mandiri
    2. Penyiapan kain / Mor danting
    3. Penyiapan daun / Eksplorasi daun
    4. Proses printing pertama
    5. Evaluasi hasil printing
    6. Penyiapan daun dan desain
    Hasil
    1. Kemanfaatan produk
    2. Keindahan karya
    3. Pengetahuan baru
    4. Ramah lingkungan
    5. Nilai ekonomi

    Soal-soal Tes Diagnostik

    Level 1 - Mengenal ecoprint
    1. Apakah pernah mendengar istilah ecoprint?
    2. Pernahkah melihat produk ecoprint?
    Level 2 - Mengenal pewarna alam
    1. Sebutkan macam-macam pewarna alam!
    2. Sebutkan jenis tanaman yang menghasilkan pewarna alam beserta warna yang dihasilkan!
    Level 3 - Klasifikasi tanaman yang digunakan untuk ecoprint
    1. Sebutkan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
    2. Klasifikasikan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
    Level 4 - Klasifikasi jenis tanaman yang menghasilkan warna hitam
    1. Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tajam!
    2. Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tidak tajam!
    Level 5 - Proses ecoprint
    1. Tahukah proses pembuatan ecoprint?
    2. Sebutkan tahapan pembuatan ecoprint!

    Format Laporan Kegiatan

    HALAMAN SAMPUL (COVER)
    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI

    BAB I - PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Maksud dan Tujuan
    3. Manfaat
    4. Waktu Pelaksanaan Ecoprint
    BAB II - DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN ECOPRINT
    1. Pembagian Tugas
    2. Jadwal Kegiatan Kelompok
    3. Hasil dari kegiatan Ecoprint
    BAB III - PENUTUP
    1. Saran
    2. Kesimpulan
    LAMPIRAN
    1. Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
    2. Video kegiatan (bila ada)
    TIM ECOPRINT
  • Siti Purwatiningsih
  • Maria Suharsini
  • Nur Rochmah
  • Paryadi
  • Kun Murtiastuti
  • Indah Ismiyati
  • Paulina Linda P
  • Rukmiyati
  • Nur Endah Setyorini
  • Contact Person

    Masnun Suaedi
    Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
    081-575-440-484

    Maria Suharsini
    Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
    085-727-990-059

    Wali Kelas/Pembimbing
    Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

    - Kearifan Lokal

    AKULTURASI BUDAYA DAERAH
    15 Mei- 7 Juni 2024
    Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif dan inovatif sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk teknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik mengasah berbagai ketrampilan berpikir dalam mewujudkan produk teknologi. Peserta didik dapat mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa secara sederhana mulai dari cara menentukan spesifikasi sampai dengan ujicoba, untuk membangun model atau prototipe produk bidang rekayasa. Peserta didik juga dapat mengasah ketrampilan coding untuk menciptakan karya digital dan berkreasi di bidang robotika.
    Tim Kearifan Lokal

    Informasi Umum

    Penyusun
    Tim Rekayasa Digital
    Sekolah
    SMA Negeri 2 Salatiga
    Fase
    E [Kelas X]
    Waktu
    102 jam pelajaran
    Sarana Prasarana
    Kamera Digital
    Handycam/perekam
    Sasaran
    Peserta didik pada kelas regular

    Relevansi Tema dan Topik Projek

    Tema
    Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI
    Topik Projek
    Rekayasa Digital
    Relevansi Tema dan Topik Projek
    Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah

    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila

    Deskripsi singkat Projek
    Membuat film
    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila
    Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah
    Dimensi
    Profil Pelajar Pancasila terkait
    Elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Sub-elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Target pencapaian
    di akhir Fase E
    Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Akhlak kepada alam Memahami keterhubungan ekosistem bumi Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta
    Menjaga lingkungan alam sekitar Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut
    Gotong Royong Kolaborasi Kerja sama Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama
    Koordinasi sosial Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama
    Kreatif Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.
    Bernalar kritis Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut
    Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu
    Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan

    Alur Kegiatan Projek

    Pengenalan
    Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Ekonomi, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika)
    1. Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
    2. Memperkenalkan tema projek
    3. Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek

    Kontektualisasi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 1
    1. Menggali informasi terkait ecoprint
    2. Melakukan survei lingkungan terkait tanaman yang ada di sekitarnya
    3. Memilih daun/tanaman yang akan di jadikan projek
    4. Menentukan jenis produk yang akan dikerjakannya
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Aksi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 2
    1. Peserta didik dibawah bimbingan pendidik menyusun proposal/rencana kegiatan projek
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 3
    1. Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 4
    s.d.
    Hari ke - 6
    1. Mengerjakan projek dibawah bimbingan pendidik ( di tempat yang disudah disepakati
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 7
    1. Merancang pengemasan hasil projek
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 8
    1. Merencanakan pemasaran hasil projek
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Pelaporan
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 9
    s.d.
    Hari ke - 10
    1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan kegiatan
    -

    Refleksi
    Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek

    Tindak Lanjut
    Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya

    Asesmen

    Tes Sumatif Ecoprint
    Kelas : 10-A
    No
    Nama Peserta Didik
    Nilai
    Nilai
    Akhir
    Perencanaan
    Pelaksanaan
    Hasil
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1
    2
    3
    4
    5
    01
      ACHMAD RIZQI AKBAR
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    02
      AKIA 'ABID AKBARI ROMERO
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    03
      ALIFIA KHOIRUN NISA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    04
      ANISA CAHYA KARTIKA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    05
      AULIA OKTA FITRIANI
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    06
      AULIA RAHMA ASSYIFAA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    07
      AXEL PUTRA PRAKOSA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    08
      AZKI HILYATA MILLA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    09
      BERLIANNA LINTANG PURUHITA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    10
      DANISSA SIFA AULIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    11
      DINAR AMELIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    12
      EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -

    KETERANGAN
    Perencanaan
    1. Mengenal ecoprint
    2. Mengenal pewarna alam
    3. Klasifikasi tanaman yang digunakan untuk ecoprint
    4. Klasifikasi jenis tanaman yang menghasilkan warna tajam
    5. Proses ecoprint
    Pelaksanaan
    1. Eksplorasi / Belajar mandiri
    2. Penyiapan kain / Mor danting
    3. Penyiapan daun / Eksplorasi daun
    4. Proses printing pertama
    5. Evaluasi hasil printing
    6. Penyiapan daun dan desain
    Hasil
    1. Kemanfaatan produk
    2. Keindahan karya
    3. Pengetahuan baru
    4. Ramah lingkungan
    5. Nilai ekonomi

    Soal-soal Tes Diagnostik

    Level 1 - Mengenal ecoprint
    1. Apakah pernah mendengar istilah ecoprint?
    2. Pernahkah melihat produk ecoprint?
    Level 2 - Mengenal pewarna alam
    1. Sebutkan macam-macam pewarna alam!
    2. Sebutkan jenis tanaman yang menghasilkan pewarna alam beserta warna yang dihasilkan!
    Level 3 - Klasifikasi tanaman yang digunakan untuk ecoprint
    1. Sebutkan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
    2. Klasifikasikan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
    Level 4 - Klasifikasi jenis tanaman yang menghasilkan warna hitam
    1. Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tajam!
    2. Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tidak tajam!
    Level 5 - Proses ecoprint
    1. Tahukah proses pembuatan ecoprint?
    2. Sebutkan tahapan pembuatan ecoprint!

    Format Laporan Kegiatan

    HALAMAN SAMPUL (COVER)
    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI

    BAB I - PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Maksud dan Tujuan
    3. Manfaat
    4. Waktu Pelaksanaan Ecoprint
    BAB II - DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN ECOPRINT
    1. Pembagian Tugas
    2. Jadwal Kegiatan Kelompok
    3. Hasil dari kegiatan Ecoprint
    BAB III - PENUTUP
    1. Saran
    2. Kesimpulan
    LAMPIRAN
    1. Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
    2. Video kegiatan (bila ada)
    TIM ECOPRINT
  • Siti Purwatiningsih
  • Maria Suharsini
  • Nur Rochmah
  • Paryadi
  • Kun Murtiastuti
  • Indah Ismiyati
  • Paulina Linda P
  • Rukmiyati
  • Nur Endah Setyorini
  • Contact Person

    Masnun Suaedi
    Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
    081-575-440-484

    Maria Suharsini
    Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
    085-727-990-059

    Wali Kelas/Pembimbing
    Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila