SMA Negeri 2 Salatiga
Tahun Pelajaran 2024/2025

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Bacalah dengan seksama agar dapat mengerjakan tugas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan benar.

- Bhinneka Tunggal Ika [Kelas 10 dan 11]


Download Modul P5
LEGENDA NUSANTARA

07 - 25 Okt 2024
Agenda Kegiatan P5

Legenda adalah sebuah genre dari cerita rakyat yang terdiri atas narasi yang menampilkan perbuatan-perbuatan manusia yang diyakini atau dipercayai oleh si pencerita dan pendengarnya sebagai suatu kisah nyata yang pernah terjadi. Narasi dalam genre ini bisa saja menunjukkan nilai-nilai manusia, dan memiliki beberapa kualitas tertentu yang membuat ceritanya terdengar seperti nyata. Legenda, untuk partisipan aktif dan pasif-nya dapat mencakup mukjizat atau keajaiban. Legenda dapat bertransformasi dari waktu ke waktu.
Tim Legenda Nusantara

Judul Legenda Nusantara

Informasi Umum

Penyusun
Tim Projek Legenda Nusantara
Sekolah
SMA Negeri 2 Salatiga
Fase
E [Kelas X]
Waktu
9 jam pelajaran
Sarana Prasarana
Naskah Pertunjukan
Gedung Pertunjukan
Properti Pertunjukan
Dekorasi
Sound system
Tata musik
Publikasi dan Dokumentasi
Perlengkapan yang mendukung
Sasaran
Peserta didik pada kelas regular

Relevansi Tema dan Topik Projek

Tema
Legenda Nusantara
Topik Projek
Pertunjukann drama legenda
Relevansi Tema dan Topik Projek
Melakukan pertunjukan drama dengan naskah yang bersumber dari legenda Nusantara

Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila

Deskripsi singkat Projek
Mementaskan naskah drama hasil lomba literasi penulisan naskah drama legenda
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila
Dimensi
Profil Pelajar Pancasila terkait
Elemen
Profil Pelajar Pancasila
Sub-elemen
Profil Pelajar Pancasila
Target pencapaian
di akhir Fase E
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Akhlak kepada sesama manusia Memahami hubungan antar manusia Menciptakan hubungan antarmanusia yang harmonis
Gotong Royong Kolaborasi Kerja sama Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama
Kreatif Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif Menghasilkan sebuah karya yang kreatif
Tanggung jawab Menyelesaikan tugas sampai tuntas Mempertanggung jawabkan hasil pekerjaannya Membuat sebuah karya dapat dipertanggung-jawabkan
Kemandirian Mengerjakan tugas secara mandiri Mengerjakan tugas dengan mandiri dan inisiatif sendiri Menyelesaikan tugas secara mandiri dan inisiatif tanpa bergantung kepada orang lain

Alur Kegiatan Projek

Pengenalan
Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti)
  1. Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
  2. Memperkenalkan tema projek
  3. Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek

Kontektualisasi Peserta Didik
Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Hari ke - 1
  1. Menggali informasi legenda Nusantara
  2. Observasi naskah drama legenda
  3. Membedah naskah drama legenda
  4. Menyunting naskah drama legenda
  5. Memantapkan naskah drama legenda
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka

Aksi Peserta Didik
Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Hari ke - 2
s.d.
Hari ke - 4
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat konsep.
  2. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih sesuai pembagian tugas
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Hari ke - 5
  1. Peserta didik bersama guru pendamping melakukan evaluasi awal
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Hari ke - 6
s.d.
Hari ke - 8
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan persiapan pementasan
  2. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih acting (latihan peran)
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Hari ke - 9
  1. Peserta didik bersama guru pendamping melakukan evaluasi latihan
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Hari ke - 10
s.d.
Hari ke - 11
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan gladi bersih
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Hari ke - 12
s.d.
Hari ke - 14
  1. Peserta didik melakukan pementasan dan apresiasi terhadap pementasan drama
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka

Pelaporan
Waktu
Pelaksanaan
Kegiatan
Peserta Didik
Aspek yang Dinilai
Hari ke - 15
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan pementasan drama legenda Nusantara
-
Refleksi
Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi pementasan drama legenda Nusantara

Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya

Asesmen

Rubrik Asesmen Legenda Nusantara
Kelas : 10-A
No
Nama Peserta Didik
Nilai
Nilai
Akhir
Perencanaan
Pelaksanaan
Hasil
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
6
7
8
1
2
01
  ACHMAD RIZQI AKBAR
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
02
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
03
  ALIFIA KHOIRUN NISA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
04
  ANISA CAHYA KARTIKA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
05
  AULIA OKTA FITRIANI
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
06
  AULIA RAHMA ASSYIFAA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
07
  AXEL PUTRA PRAKOSA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
08
  AZKI HILYATA MILLA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
09
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
10
  DANISSA SIFA AULIA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
11
  DINAR AMELIA
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
12
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-
-

KETERANGAN
Perencanaan
  1. Peserta didik menggali informasi legenda Nusantara
  2. Peserta didik observasi naskah drama legenda
  3. Peserta didik membedah naskah drama legenda
  4. Peserta didik menyunting naskah drama legenda
  5. Peserta didik memantapkan naskah drama legenda
Pelaksanaan
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat konsep.
  2. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat berlatih sesuai pembagian tugas
  3. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi awal
  4. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan persiapan pementasan
  5. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih acting (latihan peran)
  6. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi latihan
  7. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan gladi bersih
  8. Peserta didik melakukan pementasan dan apresiasi terhadap pementasan drama
Hasil
  1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melaksanakan pementasan
  2. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan pementasan legenda Nusantara

Format Laporan Pementasan

HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB I - PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
  2. Maksud dan Tujuan
  3. Manfaat
  4. Waktu Pelaksanaan Pementasan Legenda
BAB II - DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN PEMENTASAN DRAMA
  1. Pembagian Tugas
  2. Jadwal Kegiatan Kelompok
  3. Sinopsis Naskah Drama
BAB III - PENUTUP
  1. Saran
  2. Kesimpulan
LAMPIRAN
  1. Naskah Drama Legenda Nusantara
  2. Dokumentasi berupa foto perencanaan, latihan dan pementasan
  3. Video pementasan
  4. Poster publikasi pementasan
  5. Laporan pementasan
TIM LEGENDA NUSANTARA
  • Tentrem Lestari
  • Arti Ratriani S
  • Aan Rahmaani M
  • Sri Lestari
  • Riska Ulfia K
  • Supriyatun
  • Yuli Hartati
  • Bambang Murtioso
  • Cahyo Eko Martono
  • Contact Person

    Masnun Suaedi
    Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
    081-575-440-484
    Maria Suharsini
    Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
    085-727-990-059
    Wali Kelas/Pembimbing
    Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

    - Bangunlah Jiwa dan Raganya[Kelas 12]

    Download Modul P5
    SEHAT RAGAKU HEBAT JIWAKU

    07 - 18 Oktober 2024
    Agenda Kegiatan P5

    |Kelas 12-A : SD Negeri Tegalrejo 05 Kec. Argomulyo |
    |Kelas 12-B : SD Negeri Tegalwaton 01 Kec. Tengaran |
    |Kelas 12-C : SD Negeri Blotongan 02 Kec. Sidorejo |
    |Kelas 12-D : SD Negeri Watuagung 01 Kec. Tuntang |
    |Kelas 12-E : SD Negeri Ledok 06 Kec. Tingkir |
    |Kelas 12-F : SD Negeri Jetak 03 Kec. Getasan |
    |Kelas 12-G : SD Negeri Jetak 01 Kec. Getasan |
    |Kelas 12-H : SD Negeri Randuacir 01 Kec. Argomulyo |
    |Kelas 12-I : SD Negeri Salatiga 01 Kec. Sidorejo |
    |Kelas 12-J : SD Negeri Tegalrejo 03 Kec. Argomulyo |
    |Kelas 12-K : SD Negeri Kumpulrejo 01 Kec. Argomulyo |

    Tema Bangunlah Jiwa dan Raganya dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila(P5) merupakan salah satu tema yang dapat diangkat dalam kegiatan P5 di SMA. Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran peserta didik dalam memelihara kesehatan fisik dan mental, baik dirinya sendiri maupun orang-orang di sekitarnya. Beberapa hal yang diharapkan dapat dicapai melalui tema Bangunlah Jiwa dan Raganya: Peserta didik memiliki jiwa dan mental yang sehat, Peserta didik dapat menjadi teladan bagi orang lain, Peserta didik memiliki sikap religius, Peserta didik dapat mengembangkan sikap mental, cara pandang, dan motivasi peserta didik dapat mengembangkan tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berahlak mulia, gotong royong, dan kreatif
    Tim Bangunlah Jiwa dan Raganya

    Informasi Umum

    Penyusun
    Tim Bangunlah Jiwa dan Raganya
    Sekolah
    SMA Negeri 2 Salatiga
    Fase
    F [Kelas XII]
    Waktu
    102 jam pelajaran
    Sarana Prasarana
    Sekolah sasaran
    peralatan lain yang diperlukan
    Sasaran
    Peserta didik pada kelas regular

    Relevansi Tema dan Topik Projek

    Tema
    Bangunlah Jiwa dan Raganya
    Topik Projek
    PBB dan Turun Gudep
    Relevansi Tema dan Topik Projek
    PBB, senam kreasi dan kegiatan turun gudep

    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila

    Deskripsi singkat Projek
    Membuat film
    Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila
    Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah
    Dimensi
    Profil Pelajar Pancasila terkait
    Elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Sub-elemen
    Profil Pelajar Pancasila
    Target pencapaian
    di akhir Fase F
    Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia Akhlak kepada alam Memahami keterhubungan ekosistem bumi Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta
    Menjaga lingkungan alam sekitar Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut
    Gotong Royong Kolaborasi Kerja sama Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama
    Koordinasi sosial Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama
    Kreatif Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi.
    Bernalar kritis Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan Mengajukan pertanyaan Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut
    Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu
    Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan

    Alur Kegiatan Projek

    Pengenalan
    Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Ekonomi, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika)
    1. Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
    2. Memperkenalkan tema projek
    3. Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek

    Kontektualisasi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 1
    1. Mencari sekolah sasaran
    2. Sosialisasi profil pelajar pancasila
    3. Penyampaian Informasi terkait Tema Projek
    4. Job Deskripsi dan Rencana Formasi PBB
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Aksi Peserta Didik
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 2
    1. Kegiatan Pelatihan Baris Berbaris (6 JP) dan Penyusunan Essay (4 JP)
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 3
    1. Rencana Formasi PBB (6 JP) dan Penyusunan Essay (4 JP)
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 4
    1. Latihan Formasi PBB (6 JP) dan Penyusunan Essay (4 JP)
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 5
    1. Unjuk karya formasi PBB (6 JP)
    2. Mempersiapkan kegiatan Turun Gudep (2JP)
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka
    Hari ke - 6
    s.d.
    Hari ke - 7
    1. Peserta didik melaksanakan kegiatan turun gudep (12 JP)
    Religius
    Kerjasama
    Kreatif
    Mandiri
    Kritis
    Terbuka

    Pelaporan
    Waktu
    Pelaksanaan
    Kegiatan
    Peserta Didik
    Aspek yang Dinilai
    Hari ke - 8
    s.d.
    Hari ke - 10
    1. Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun dan mengumpulkan laporan kegiatan
    2. Peserta didik mengumpulkan laporan dan essay
    3. Peserta didik mengisi refleksi
    -

    Refleksi
    Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek

    Tindak Lanjut
    Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya

    Asesmen

    Tes Sumatif Sehat Ragaku Hebat Jiwaku
    Kelas : 10-A
    No
    Nama Peserta Didik
    Nilai
    Nilai
    Akhir
    Perencanaan
    Pelaksanaan
    Hasil
    1
    2
    3
    4
    5
    1
    2
    3
    4
    5
    6
    1
    2
    3
    4
    5
    01
      ACHMAD RIZQI AKBAR
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    02
      AKIA 'ABID AKBARI ROMERO
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    03
      ALIFIA KHOIRUN NISA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    04
      ANISA CAHYA KARTIKA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    05
      AULIA OKTA FITRIANI
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    06
      AULIA RAHMA ASSYIFAA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    07
      AXEL PUTRA PRAKOSA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    08
      AZKI HILYATA MILLA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    09
      BERLIANNA LINTANG PURUHITA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    10
      DANISSA SIFA AULIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    11
      DINAR AMELIA
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    12
      EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -
    -

    KETERANGAN
    Perencanaan
    1. Mencari sekolah sasaran
    2. Sosialisasi Profil Pelajar Pancasila
    3. Penyampaian Informasi terkait Tema Projek
    4. Penyampaian Informasi terkait Elemen dan Sub Elemen Projek
    5. Job Deskripsi dan Rencana Formasi PBB
    Pelaksanaan
    1. Menggali informasi tentang tema
    2. Kegiatan Pelatihan Baris Berbaris
    3. Penyusunan Essay
    4. Rencana Formasi PBB
    5. Latihan Formasi PBB
    6. Unjuk karya formasi PBB
    7. Mempersiapkan kegiatan Turun Gudep
    8. Melaksanakan kegiatan Turun Gudep
    Hasil
    1. Laporan P5 Bangunlah Jiwa dan Raganya
    2. Laporan Essay

    Soal-soal Tes Diagnostik

    Level 1 - Mengenal PBB
    1. Sebutkan manfaat adanya kegiatan PBB?
    Level 2 - Mengenal Turun Gudep
    1. Apakah yang kalian ketahui tentang kegiatan Turun Gudep
    2. Manfaat apa saja yang kalian peroleh setelah melaksanakan kegiatan Turun Gudep?

    Format Laporan Kegiatan

    HALAMAN SAMPUL (COVER)
    KATA PENGANTAR
    DAFTAR ISI

    BAB I - PENDAHULUAN
    1. Latar Belakang
    2. Maksud dan Tujuan
    3. Manfaat
    4. Waktu Pelaksanaan
    BAB II - DESKRIPSI HASIL PELAKSANAAN
    1. Pembagian Tugas
    2. Jadwal Kegiatan Kelompok
    3. Hasil dari kegiatan Turun Gudep
    BAB III - PENUTUP
    1. Saran
    2. Kesimpulan
    LAMPIRAN
    1. Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
    2. Video kegiatan (bila ada)
    TIM BANGUN JIWA DAN RAGAKU
  • Masnun Suaedi
  • Maria Suharsini
  • Suratmi
  • Paryadi
  • Kun Murtiastuti
  • Indah Ismiyati
  • Paulina Linda P
  • Rukmiyati
  • Nur Endah Setyorini
  • Contact Person

    Masnun Suaedi
    Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
    081-575-440-484
    Maria Suharsini
    Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
    085-727-990-059
    Wali Kelas/Pembimbing
    Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila