Projek Profil Pelajar Pancasila
Bacalah dengan seksama agar dapat mengerjakan tugas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan benar.
- Bhinneka Tunggal Ika
Legenda adalah sebuah genre dari cerita rakyat yang terdiri atas narasi yang menampilkan perbuatan-perbuatan manusia yang diyakini atau dipercayai oleh si pencerita dan pendengarnya sebagai suatu kisah nyata yang pernah terjadi. Narasi dalam genre ini bisa saja menunjukkan nilai-nilai manusia, dan memiliki beberapa kualitas tertentu yang membuat ceritanya terdengar seperti nyata. Legenda, untuk partisipan aktif dan pasif-nya dapat mencakup mukjizat atau keajaiban. Legenda dapat bertransformasi dari waktu ke waktu.
Tim Legenda Nusantara
Judul Legenda Nusantara
No | ||
---|---|---|
Legenda | ||
Kelas | ||
1 | Lona Kaka dan Lona Rara | 10-A |
2 | Legenda Batu Menangis | 10-A |
3 | Legenda Batu Mamben | 10-A |
4 | Legenda Khawadiyah | 10-B |
5 | - | 10-B |
6 | Legenda Oheo | 10-B |
7 | Legenda Buleleng dan Singaraja | 10-C |
8 | Legenda Ratna Ayu Wideradin | 10-C |
9 | - | 10-C |
10 | Aki Balak | 10-D |
11 | Penghulu Tiga Lorong | 10-D |
12 | Buaya Putih Setu Babakan | 10-D |
13 | Legenda La Sirimbone | 10-E |
14 | Baru Klinting - Rawa Pening | 10-E |
15 | Putri Gading Cempaka | 10-E |
16 | Legenda Batu Bagga | 10-F |
17 | Naga Emas dan Danau Ranau | 10-F |
18 | Asal Mula Air Telaga Biru | 10-F |
19 | Kisah Ajuang Batu Peti | 10-G |
20 | Legenda Siamang Putih | 10-G |
21 | Si Pahit Lidah | 10-G |
22 | Tuan Tapa dan Putri Naga | 10-H |
23 | - | 10-H |
24 | - | 10-H |
25 | Asal Mula Daerah Phantungo | 10-I |
26 | Legenda Desa Tambak Bajai | 10-I |
27 | Legenda Bukit Kelam | 10-I |
28 | Legenda Bukit Fafinesu | 10-J |
29 | Asal Usul Sungai Palu | 10-J |
30 | Asal Usul Irian | 10-J |
31 | Asal Anak Sungai Mahakam | 10-K |
32 | - | 10-K |
33 | - | 10-K |
34 | - | 11-A-1 |
35 | Biwar Sang Penakluk Naga | 11-A-1 |
36 | Legenda Danau Lindu | 11-A-1 |
37 | Asal Mula Danau Lipan | 11-A-2 |
38 | Batu Belah | 11-A-2 |
39 | Mandin Tangkaramin | 11-A-2 |
40 | Meninggalnya Raja Bunu | 11-A-3 |
41 | Kisah Abo Mamongkuroit | 11-A-3 |
42 | - | 11-A-3 |
43 | Asal Usul Gajah Wong | 11-A-4 |
44 | Asal Usul Tapa Gorontalo | 11-A-4 |
45 | - | 11-A-4 |
46 | Asal Mula Kerajaan Mori | 11-A-5 |
47 | Lutung Kesarung | 11-A-5 |
48 | Asal Mula Ikan Duyung | 11-A-5 |
49 | Legenda Gunung Mauraja | 11-A-6 |
50 | Legenda Pohon Enau | 11-A-6 |
51 | Legenda Pulau Si Jangoi | 11-A-6 |
52 | Asal Usul Raja Tanjung Kutai | 11-B-1 |
53 | Telur Pecah | 11-B-1 |
54 | Jaka Tarub dan 7 Bidadari | 11-B-1 |
55 | Si Penyumpit | 11-S-1 |
56 | Legenda Sungai Kapuas | 11-S-1 |
57 | Putri Serindang Bulan | 11-S-1 |
58 | Mentiko Betuah | 11-S-2 |
59 | Legenda Gede Gusti Pasekan | 11-S-2 |
60 | - | 11-S-2 |
61 | - | 11-S-3 |
62 | Legenda Putri Tujuh | 11-S-3 |
63 | - | 11-S-3 |
64 | Asal Mula Reog Ponorogo | 11-S-4 |
65 | Legenda Nyi Roro Kidul | 11-S-4 |
66 | Putri Junjung Buih | 11-S-4 |
67 | Asal Usul Tanjung Penyusuk | 12-A-1 |
68 | - | 12-A-1 |
69 | - | 12-A-1 |
70 | - | 12-A-2 |
71 | Legenda Nenek Luhu | 12-A-2 |
72 | - | 12-A-2 |
73 | Karang Bolong | 12-A-3 |
74 | Legenda Ki Rangga Gading | 12-A-3 |
75 | - | 12-A-3 |
76 | Legenda Burung Moopoo | 12-A-4 |
77 | Legenda Batu Rantai | 12-A-4 |
78 | Hikayat Hang Tuah | 12-A-4 |
79 | - | 12-A-5 |
80 | I Laurang Manusia Udang | 12-A-5 |
81 | Legenda Batu Kuwung | 12-A-5 |
82 | Si Pitung | 12-A-6 |
83 | Legenda Danau Pulau Ranau | 12-A-6 |
84 | Asal Usul Salatiga | 12-A-6 |
85 | - | 12-B-1 |
86 | Si Jampang Jagoan Betawi | 12-B-1 |
87 | - | 12-B-1 |
88 | Legenda Pulau Senua | 12-S-1 |
89 | Toji Laowomaru | 12-S-1 |
90 | Legenda Putri Ciliyana | 12-S-1 |
91 | - | 12-S-2 |
92 | - | 12-S-2 |
93 | Kisah Asung Luwan | 12-S-2 |
94 | Legenda Telaga Biru | 12-S-3 |
95 | Legenda Negeri Lempur | 12-S-3 |
96 | - | 12-S-3 |
97 | Si Rusa dan Si Kilomang | 12-S-4 |
98 | Asal Usul Tari Pattudu | 12-S-4 |
99 | Sangkuriang | 12-S-4 |
Informasi Umum
Penyusun | |
Tim Projek Legenda Nusantara | |
Sekolah | |
SMA Negeri 2 Salatiga | |
Fase | |
E [Kelas X] | |
Waktu | |
9 jam pelajaran | |
Sarana Prasarana | |
Naskah Pertunjukan | |
Gedung Pertunjukan | |
Properti Pertunjukan | |
Dekorasi | |
Sound system | |
Tata musik | |
Publikasi dan Dokumentasi | |
Perlengkapan yang mendukung | |
Sasaran | |
Peserta didik pada kelas regular |
Relevansi Tema dan Topik Projek
Tema | |
Legenda Nusantara | |
Topik Projek | |
Pertunjukann drama legenda | |
Relevansi Tema dan Topik Projek | |
Melakukan pertunjukan drama dengan naskah yang bersumber dari legenda Nusantara |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila
Deskripsi singkat Projek | |
Mementaskan naskah drama hasil lomba literasi penulisan naskah drama legenda | |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila | |
Profil Pelajar Pancasila terkait |
Profil Pelajar Pancasila |
Profil Pelajar Pancasila |
di akhir Fase E |
---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia | Akhlak kepada sesama manusia | Memahami hubungan antar manusia | Menciptakan hubungan antarmanusia yang harmonis |
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerja sama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil | Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif | Menghasilkan sebuah karya yang kreatif |
Tanggung jawab | Menyelesaikan tugas sampai tuntas | Mempertanggung jawabkan hasil pekerjaannya | Membuat sebuah karya dapat dipertanggung-jawabkan |
Kemandirian | Mengerjakan tugas secara mandiri | Mengerjakan tugas dengan mandiri dan inisiatif sendiri | Menyelesaikan tugas secara mandiri dan inisiatif tanpa bergantung kepada orang lain |
Alur Kegiatan Projek
-
Pengenalan
Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti)- Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
- Memperkenalkan tema projek
- Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek
Kontektualisasi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 1 - Menggali informasi legenda Nusantara
- Observasi naskah drama legenda
- Membedah naskah drama legenda
- Menyunting naskah drama legenda
- Memantapkan naskah drama legenda
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Aksi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 2
s.d.
Hari ke - 4- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat konsep.
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih sesuai pembagian tugas
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 5 - Peserta didik bersama guru pendamping melakukan evaluasi awal
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 6
s.d.
Hari ke - 8- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan persiapan pementasan
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih acting (latihan peran)
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 9 - Peserta didik bersama guru pendamping melakukan evaluasi latihan
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 10
s.d.
Hari ke - 11- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan gladi bersih
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 12
s.d.
Hari ke - 14- Peserta didik melakukan pementasan dan apresiasi terhadap pementasan drama
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
PelaporanWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 15 - Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan pementasan drama legenda Nusantara
-
Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi pementasan drama legenda Nusantara
Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya
Asesmen
Rubrik Asesmen Legenda Nusantara
Kelas : 10-A
KETERANGAN
Perencanaan
Kelas : 10-A
Akhir |
|||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
  ACHMAD RIZQI AKBAR | |||||||||||||||||
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO | |||||||||||||||||
  ALIFIA KHOIRUN NISA | |||||||||||||||||
  ANISA CAHYA KARTIKA | |||||||||||||||||
  AULIA OKTA FITRIANI | |||||||||||||||||
  AULIA RAHMA ASSYIFAA | |||||||||||||||||
  AXEL PUTRA PRAKOSA | |||||||||||||||||
  AZKI HILYATA MILLA | |||||||||||||||||
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA | |||||||||||||||||
  DANISSA SIFA AULIA | |||||||||||||||||
  DINAR AMELIA | |||||||||||||||||
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL |
Perencanaan
- Peserta didik menggali informasi legenda Nusantara
- Peserta didik observasi naskah drama legenda
- Peserta didik membedah naskah drama legenda
- Peserta didik menyunting naskah drama legenda
- Peserta didik memantapkan naskah drama legenda
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat konsep.
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat berlatih sesuai pembagian tugas
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi awal
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan persiapan pementasan
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih acting (latihan peran)
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi latihan
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan gladi bersih
- Peserta didik melakukan pementasan dan apresiasi terhadap pementasan drama
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melaksanakan pementasan
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan pementasan legenda Nusantara
Format Laporan Pementasan
-
HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I - PENDAHULUAN- Latar Belakang
- Maksud dan Tujuan
- Manfaat
- Waktu Pelaksanaan Pementasan Legenda
- Pembagian Tugas
- Jadwal Kegiatan Kelompok
- Sinopsis Naskah Drama
- Saran
- Kesimpulan
- Naskah Drama Legenda Nusantara
- Dokumentasi berupa foto perencanaan, latihan dan pementasan
- Video pementasan
- Poster publikasi pementasan
- Laporan pementasan
Contact Person
Masnun Suaedi
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Maria Suharsini
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Wali Kelas/Pembimbing
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Gaya Hidup Berkelanjutan
10 - 14 Februari 2025
Pelaksanaan kegiatan P5 - Gaya Hidup Berkelanjutan dengan beberapa kegiatan antara lain : Pembuatan Mural, Pembautan dan Pengelolaan Taman Kelas dan Pembuatan Ecobricks dan Monumen Ecobricks
Tim Gaya Hidup Berkelanjutan
Informasi Umum
Penyusun | |
Tim Projek Gaya Hidup Berkelanjutan | |
Sekolah | |
SMA Negeri 2 Salatiga | |
Fase | |
E [Kelas X] dan F [Kelas 11] | |
Waktu | |
102 jam pelajaran | |
Sarana Prasarana | |
Cat dan perlengkapan untuk Mural | |
Alat-alat Pertanian | |
Bahan untuk Ecobricks | |
Sasaran | |
Peserta didik pada kelas regular |
Relevansi Tema dan Topik Projek
Tema | |
Gaya Hidup Berkelanjutan | |
Topik Projek | |
Pembuatan dan Pemeliharaan Taman Kelas, Mural dan Ecobricks | |
Relevansi Tema dan Topik Projek | |
Pemanfaatan lahan |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila
Deskripsi singkat Projek | |
Membuat produk siap pakai yang ramah lingkungan | |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila | |
Profil Pelajar Pancasila terkait |
Profil Pelajar Pancasila |
Profil Pelajar Pancasila |
di akhir Fase E |
---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia | Akhlak kepada alam | Memahami keterhubungan ekosistem bumi | Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta |
Menjaga lingkungan alam sekitar | Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut | ||
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerja sama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Koordinasi sosial | Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama | ||
Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil | Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif | Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi. |
Bernalar kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan | Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan | Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu | ||
Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan |
Alur Kegiatan Projek
-
Pengenalan
Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Ekonomi, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika)- Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
- Memperkenalkan tema projek
- Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek
Kontektualisasi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 1 - Menggali informasi terkait kegiatan
- Melakukan survei lingkungan sekitar
- Melakukan rencana kegiatan masing-masing kelompok dalam kelas
- Membagi kelompok kerja
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Aksi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 2 s.d. 5 - Peserta didik dibawah bimbingan pendidik melaksanakan kegiatan sesuai dengan tugasnya masing-masing
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
PelaporanWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 9
s.d.
Hari ke - 10- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan kegiatan
-
Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek
Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya
Asesmen
Nilai peserta didik dalam kegiatan
Kelas : 10-A
KETERANGAN
Perencanaan
Kelas : 10-A
Akhir |
||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
  ACHMAD RIZQI AKBAR | ||||||||||||
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO | ||||||||||||
  ALIFIA KHOIRUN NISA | ||||||||||||
  ANISA CAHYA KARTIKA | ||||||||||||
  AULIA OKTA FITRIANI | ||||||||||||
  AULIA RAHMA ASSYIFAA | ||||||||||||
  AXEL PUTRA PRAKOSA | ||||||||||||
  AZKI HILYATA MILLA | ||||||||||||
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA | ||||||||||||
  DANISSA SIFA AULIA | ||||||||||||
  DINAR AMELIA | ||||||||||||
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL |
Perencanaan
- Mengenal kegiatan yang akan dilakukan
- Melaksanakan kegiatan mural
- Melaksanakan kegiatan pembuatan dan pemeliharaan taman kelas
- Melaksanakan kegiatan ecibricks
- Gambar sesuai tema
- Taman Kelas yang indah
- Monumen Ecobricks
Soal-soal Tes Diagnostik
-
Level 1 - Mengenal kegiatan yang akan dilakukan
- Apakah pernah mendengar istilah mural dan ecobricks?
- Pernahkah melihat produk mural dan ecobricks?
- Sebutkan tema kegiatan mural?
- Sebutkan alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat mural!
- Sebutkan tema taman kelas kalian!
- Mengapa memilih tema tersebut?
- Sebutkan alat dan bahan membuat ecobricks!
- Apa saja yang perlu disiapkan untuk membuat monumen ecobricks?
Format Laporan Kegiatan
-
HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I - PENDAHULUAN- Latar Belakang
- Maksud dan Tujuan
- Manfaat
- Waktu Pelaksanaan Ecoprint
- Pembagian Tugas
- Jadwal Kegiatan Kelompok
- Hasil dari kegiatan Ecoprint
- Saran
- Kesimpulan
- Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
- Video kegiatan (bila ada)
Contact Person
Masnun Suaedi
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Maria Suharsini
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Wali Kelas/Pembimbing
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI
3 - 13 Juni 2025
Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif dan inovatif sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk teknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik mengasah berbagai ketrampilan berpikir dalam mewujudkan produk teknologi. Peserta didik dapat mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa secara sederhana mulai dari cara menentukan spesifikasi sampai dengan ujicoba, untuk membangun model atau prototipe produk bidang rekayasa. Peserta didik juga dapat mengasah ketrampilan coding untuk menciptakan karya digital dan berkreasi di bidang robotika.
Tim Rekayasa Digital
Informasi Umum
Penyusun | |
Tim Rekayasa Digital | |
Sekolah | |
SMA Negeri 2 Salatiga | |
Fase | |
E [Kelas X] | |
Waktu | |
102 jam pelajaran | |
Sarana Prasarana | |
Kamera Digital | |
Handycam/perekam | |
Sasaran | |
Peserta didik pada kelas regular |
Relevansi Tema dan Topik Projek
Tema | |
Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI | |
Topik Projek | |
Rekayasa Digital | |
Relevansi Tema dan Topik Projek | |
Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila
Deskripsi singkat Projek | |
Membuat film | |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila | |
Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah |
Profil Pelajar Pancasila terkait |
Profil Pelajar Pancasila |
Profil Pelajar Pancasila |
di akhir Fase E |
---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia | Akhlak kepada alam | Memahami keterhubungan ekosistem bumi | Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta |
Menjaga lingkungan alam sekitar | Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut | ||
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerja sama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Koordinasi sosial | Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama | ||
Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil | Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif | Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi. |
Bernalar kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan | Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan | Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu | ||
Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan |
Alur Kegiatan Projek
Asesmen
Tes Sumatif
Kelas : 10-A
Kelas : 10-A
Akhir |
||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
  ACHMAD RIZQI AKBAR | ||||||||||||||||||
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO | ||||||||||||||||||
  ALIFIA KHOIRUN NISA | ||||||||||||||||||
  ANISA CAHYA KARTIKA | ||||||||||||||||||
  AULIA OKTA FITRIANI | ||||||||||||||||||
  AULIA RAHMA ASSYIFAA | ||||||||||||||||||
  AXEL PUTRA PRAKOSA | ||||||||||||||||||
  AZKI HILYATA MILLA | ||||||||||||||||||
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA | ||||||||||||||||||
  DANISSA SIFA AULIA | ||||||||||||||||||
  DINAR AMELIA | ||||||||||||||||||
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL |
Soal-soal Tes Diagnostik
Format Laporan Kegiatan
-
HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I - PENDAHULUAN- Latar Belakang
- Maksud dan Tujuan
- Manfaat
- Waktu Pelaksanaan Ecoprint
- Pembagian Tugas
- Jadwal Kegiatan Kelompok
- Hasil dari kegiatan Ecoprint
- Saran
- Kesimpulan
- Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
- Video kegiatan (bila ada)
Contact Person
Masnun Suaedi
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Maria Suharsini
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Wali Kelas/Pembimbing
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Suara Demokrasi
5 - 20 September 2023
Tim Suara Demokrasi
Informasi Umum
Penyusun | |
Tim Projek Suara Demokrasi | |
Sekolah | |
SMA Negeri 2 Salatiga | |
Fase | |
E [Kelas X] | |
Waktu | |
9 jam pelajaran | |
Sarana Prasarana | |
Rubrik tahap Pemilihan umum | |
Kartu suara | |
Papan nama/label | |
Gambar/foto calon | |
MMT sosialisasi | |
Daftar pemilih | |
Alat pencoblosan | |
Bilik suara | |
Kotak suara | |
Perlengkapan lainnya | |
Sasaran | |
Peserta didik pada kelas regular |
Relevansi Tema dan Topik Projek
Tema | |
Partisipasi individu dalam dinamika pelaksanaan demokrasi | |
Topik Projek | |
Pemilihan kepala daerah (walikota) | |
Relevansi Tema dan Topik Projek | |
Pelaksanaan pemilihan umum yang demokratis |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila
Deskripsi singkat Projek | |
Memberikan pengetahuan tentang proses dan prosedur pemilu | |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila | |
Profil Pelajar Pancasila terkait |
Profil Pelajar Pancasila |
Profil Pelajar Pancasila |
di akhir Fase E |
---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia | Akhlak kepada sesama manusia | Memahami hubungan antar manusia | Menciptakan hubungan antarmanusia yang harmonis |
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerja sama untuk satu tujuan | Menyelaraskan kepentingan Bersama serta mengesampingkan kepentingan pribadi/golongan |
Koordinasi sosial | Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama | ||
Kreatif | Menghasilkan pemilu yang demokratis | Melaksanakan pemilu dengan memunculkan kreativitas | Berkreativitas dengan berbagai ide secara kreatif untuk memunculkan gagasan sesuai dengan situasi. |
Bernalar kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan | Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan | Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu | ||
Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan | |||
Demokrasi | Memahami proses dan prosedur pemilu | Pelaksanaan pemilu secara demokratis | |
Menjaga persatuan dan kesatuan antarmasyarakat dan golongan | Mewujudkan pemilu yang demokratis |
Alur Kegiatan Projek
-
Pengenalan
Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Pendidikan Pancasila, Pendidikan Agama, Sosiologi, Geografi, Sejarah, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Informatika)- Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
- Memperkenalkan tema projek
- Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek
Kontektualisasi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 1 - Menggali informasi terkait pemilu
- Melakukan survei lingkungan terkait masyarakat sekitar
- Menentukan jenis kegiatan yang akan dikerjakannya
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Aksi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 2 - Peserta didik dibawah bimbingan pendidik menyusun proposal/rencana kegiatan pemilihan dan didalamnya terdapat uraian tugas kepanitiaan
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 3 - Perwakilan peserta didik dari semua kelas membentuk kepanitiaan dan merencanakan tugas yang akan dilakukan
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 4 - Panitia memmberikan sosialisasi ke warga tentang pelaksanaan pemilihan dan dilanjutkan dengan tanya jawab terbuka
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 5 - Proses pencalonan dari masing-masing kelompok dan pelaksanaan tes kemampuan dari colan tersebut
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 6 - Penetapan calon, kampanye terbuka dan debat terbuka
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 7 - Pelaksanaan pemilihan, penghitungan suara dan penetapan calon terpilih
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 8 - Pelantikan calon terpilih oleh panitia
- Penyusunan program kerja calon terpilih dan sosialisasi ke warga
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
PelaporanWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 9
s.d.
Hari ke - 10- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan kegiatan
-
Refleksi
Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek
Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya
Asesmen
Tes Sumatif Suara Demokrasi
Kelas : 10-A
KETERANGAN
Perencanaan
Kelas : 10-A
Akhir |
||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
  ACHMAD RIZQI AKBAR | ||||||||||||||||||
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO | ||||||||||||||||||
  ALIFIA KHOIRUN NISA | ||||||||||||||||||
  ANISA CAHYA KARTIKA | ||||||||||||||||||
  AULIA OKTA FITRIANI | ||||||||||||||||||
  AULIA RAHMA ASSYIFAA | ||||||||||||||||||
  AXEL PUTRA PRAKOSA | ||||||||||||||||||
  AZKI HILYATA MILLA | ||||||||||||||||||
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA | ||||||||||||||||||
  DANISSA SIFA AULIA | ||||||||||||||||||
  DINAR AMELIA | ||||||||||||||||||
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL |
Perencanaan
- Informasi terkait pemilu
- Survei lingkungan terkait masyarakat sekitar
- Jenis kegiatan yang akan dikerjakannya
- Proposal/rencana kegiatan pemilihan dan didalamnya terdapat uraian tugas kepanitiaan
- Perwakilan peserta didik dari semua kelas membentuk kepanitiaan dan merencanakan tugas yang akan dilakukan
- Panitia memmberikan sosialisasi ke warga tentang pelaksanaan pemilihan dan dilanjutkan dengan tanya jawab terbuka
- Proses pencalonan dari masing-masing kelompok dan pelaksanaan tes kemampuan dari colan tersebut
- Penetapan calon, kampanye terbuka dan debat terbuka
- Pelaksanaan pemilihan, penghitungan suara dan penetapan calon terpilih
- Pelantikan calon terpilih oleh panitia dan penyusunan program kerja calon terpilih dan sosialisasi ke warga
- Penyusunan laporan individu
Soal-soal Tes Diagnostik
-
Level 1 - Mengenal pemilihan
- Apakah pernah mendengar istilah pemilihan umum?
- Pernahkah kalian melihat proses pemilihan umum di lingkungan kalian?
- Sebutkan lembaga negara yang dipilih melalui pemilihan umum
- Siapakah yang ditugasi melaksanakan pemilihan umum?
- Apakah tujuan dilaksanakannya kampanye dalam pemilihan umum?
- Mengapa di negara demokrasi selalu dilaksanakan pemilihan umum?
Format Laporan Kegiatan
-
HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I - PENDAHULUAN- Latar Belakang
- Maksud dan Tujuan
- Manfaat
- Waktu Pelaksanaan Pemilihan Umum
- Pembagian Tugas
- Jadwal Kegiatan Pemilihan Umum
- Hasil Pemilihan Umum
- Saran
- Kesimpulan
- Dokumentasi berupa foto selama kegiatan
Contact Person
Masnun Suaedi
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Maria Suharsini
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Wali Kelas/Pembimbing
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Kewirausahaan
Oktober 2023
Mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat. Siswa kemudian merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dalam kerangka pembangunan berkelanjutan. Melalui kegiatan dalam projek ini seperti terlibat dalam kegiatan ekonomi rumah tangga, berkreasi untuk menghasilkan karya bernilai jual, dan kegiatan lainnya, yang kemudian diikuti dengan proses analisis dan refleksi hasil kegiatan mereka. Melalui kegiatan ini, kreatifitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan.
Tim Kewirausahaan
Informasi Umum
Penyusun | |
Tim Kewirausahaan | |
Sekolah | |
SMA Negeri 2 Salatiga | |
Fase | |
E [Kelas X] | |
Waktu | |
102 jam pelajaran | |
Sarana Prasarana | |
Alat memasak | |
Bahan bahan makanan | |
Sasaran | |
Peserta didik pada kelas regular |
Relevansi Tema dan Topik Projek
Tema | |
Kewirausahaan | |
Topik Projek | |
Kreasi berbasis potensi | |
Relevansi Tema dan Topik Projek | |
Membuat kreasi makanan menggunakan bahan bahan yang ada di daerah |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila
Deskripsi singkat Projek | |
Membuat film | |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila | |
Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah |
Profil Pelajar Pancasila terkait |
Profil Pelajar Pancasila |
Profil Pelajar Pancasila |
di akhir Fase E |
---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia | Akhlak kepada alam | Memahami keterhubungan ekosistem bumi | Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta |
Menjaga lingkungan alam sekitar | Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut | ||
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerja sama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Koordinasi sosial | Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama | ||
Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil | Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif | Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi. |
Bernalar kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan | Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan | Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu | ||
Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan |
Alur Kegiatan Projek
-
Pengenalan
Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Ekonomi, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika)- Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
- Memperkenalkan tema projek
- Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek
Kontektualisasi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 1 - Menggali informasi terkait ecoprint
- Melakukan survei lingkungan terkait tanaman yang ada di sekitarnya
- Memilih daun/tanaman yang akan di jadikan projek
- Menentukan jenis produk yang akan dikerjakannya
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Aksi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 2 - Peserta didik dibawah bimbingan pendidik menyusun proposal/rencana kegiatan projek
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 3 - Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 4
s.d.
Hari ke - 6- Mengerjakan projek dibawah bimbingan pendidik ( di tempat yang disudah disepakati
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 7 - Merancang pengemasan hasil projek
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 8 - Merencanakan pemasaran hasil projek
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
PelaporanWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 9
s.d.
Hari ke - 10- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan kegiatan
-
Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek
Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya
Asesmen
Tes Sumatif Ecoprint
Kelas : 10-A
KETERANGAN
Perencanaan
Kelas : 10-A
Akhir |
||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
  ACHMAD RIZQI AKBAR | ||||||||||||||||||
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO | ||||||||||||||||||
  ALIFIA KHOIRUN NISA | ||||||||||||||||||
  ANISA CAHYA KARTIKA | ||||||||||||||||||
  AULIA OKTA FITRIANI | ||||||||||||||||||
  AULIA RAHMA ASSYIFAA | ||||||||||||||||||
  AXEL PUTRA PRAKOSA | ||||||||||||||||||
  AZKI HILYATA MILLA | ||||||||||||||||||
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA | ||||||||||||||||||
  DANISSA SIFA AULIA | ||||||||||||||||||
  DINAR AMELIA | ||||||||||||||||||
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL |
Perencanaan
- Mengenal ecoprint
- Mengenal pewarna alam
- Klasifikasi tanaman yang digunakan untuk ecoprint
- Klasifikasi jenis tanaman yang menghasilkan warna tajam
- Proses ecoprint
- Eksplorasi / Belajar mandiri
- Penyiapan kain / Mor danting
- Penyiapan daun / Eksplorasi daun
- Proses printing pertama
- Evaluasi hasil printing
- Penyiapan daun dan desain
- Kemanfaatan produk
- Keindahan karya
- Pengetahuan baru
- Ramah lingkungan
- Nilai ekonomi
Soal-soal Tes Diagnostik
-
Level 1 - Mengenal ecoprint
- Apakah pernah mendengar istilah ecoprint?
- Pernahkah melihat produk ecoprint?
- Sebutkan macam-macam pewarna alam!
- Sebutkan jenis tanaman yang menghasilkan pewarna alam beserta warna yang dihasilkan!
- Sebutkan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
- Klasifikasikan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
- Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tajam!
- Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tidak tajam!
- Tahukah proses pembuatan ecoprint?
- Sebutkan tahapan pembuatan ecoprint!
Format Laporan Kegiatan
-
HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I - PENDAHULUAN- Latar Belakang
- Maksud dan Tujuan
- Manfaat
- Waktu Pelaksanaan Ecoprint
- Pembagian Tugas
- Jadwal Kegiatan Kelompok
- Hasil dari kegiatan Ecoprint
- Saran
- Kesimpulan
- Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
- Video kegiatan (bila ada)
Contact Person
Masnun Suaedi
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Maria Suharsini
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Wali Kelas/Pembimbing
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Bangunlah Jiwa dan Raganya
15 September 2024
Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif dan inovatif sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk teknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik mengasah berbagai ketrampilan berpikir dalam mewujudkan produk teknologi. Peserta didik dapat mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa secara sederhana mulai dari cara menentukan spesifikasi sampai dengan ujicoba, untuk membangun model atau prototipe produk bidang rekayasa. Peserta didik juga dapat mengasah ketrampilan coding untuk menciptakan karya digital dan berkreasi di bidang robotika.
Tim Bangunlah Jiwa dan Raganya
Informasi Umum
Penyusun | |
Tim Rekayasa Digital | |
Sekolah | |
SMA Negeri 2 Salatiga | |
Fase | |
E [Kelas X] | |
Waktu | |
102 jam pelajaran | |
Sarana Prasarana | |
Kamera Digital | |
Handycam/perekam | |
Sasaran | |
Peserta didik pada kelas regular |
Relevansi Tema dan Topik Projek
Tema | |
Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI | |
Topik Projek | |
Rekayasa Digital | |
Relevansi Tema dan Topik Projek | |
Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila
Deskripsi singkat Projek | |
Membuat film | |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila | |
Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah |
Profil Pelajar Pancasila terkait |
Profil Pelajar Pancasila |
Profil Pelajar Pancasila |
di akhir Fase E |
---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia | Akhlak kepada alam | Memahami keterhubungan ekosistem bumi | Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta |
Menjaga lingkungan alam sekitar | Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut | ||
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerja sama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Koordinasi sosial | Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama | ||
Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil | Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif | Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi. |
Bernalar kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan | Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan | Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu | ||
Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan |
Alur Kegiatan Projek
-
Pengenalan
Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Ekonomi, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika)- Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
- Memperkenalkan tema projek
- Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek
Kontektualisasi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 1 - Menggali informasi terkait ecoprint
- Melakukan survei lingkungan terkait tanaman yang ada di sekitarnya
- Memilih daun/tanaman yang akan di jadikan projek
- Menentukan jenis produk yang akan dikerjakannya
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Aksi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 2 - Peserta didik dibawah bimbingan pendidik menyusun proposal/rencana kegiatan projek
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 3 - Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 4
s.d.
Hari ke - 6- Mengerjakan projek dibawah bimbingan pendidik ( di tempat yang disudah disepakati
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 7 - Merancang pengemasan hasil projek
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 8 - Merencanakan pemasaran hasil projek
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
PelaporanWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 9
s.d.
Hari ke - 10- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan kegiatan
-
Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek
Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya
Asesmen
Tes Sumatif Ecoprint
Kelas : 10-A
KETERANGAN
Perencanaan
Kelas : 10-A
Akhir |
||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
  ACHMAD RIZQI AKBAR | ||||||||||||||||||
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO | ||||||||||||||||||
  ALIFIA KHOIRUN NISA | ||||||||||||||||||
  ANISA CAHYA KARTIKA | ||||||||||||||||||
  AULIA OKTA FITRIANI | ||||||||||||||||||
  AULIA RAHMA ASSYIFAA | ||||||||||||||||||
  AXEL PUTRA PRAKOSA | ||||||||||||||||||
  AZKI HILYATA MILLA | ||||||||||||||||||
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA | ||||||||||||||||||
  DANISSA SIFA AULIA | ||||||||||||||||||
  DINAR AMELIA | ||||||||||||||||||
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL |
Perencanaan
- Mengenal ecoprint
- Mengenal pewarna alam
- Klasifikasi tanaman yang digunakan untuk ecoprint
- Klasifikasi jenis tanaman yang menghasilkan warna tajam
- Proses ecoprint
- Eksplorasi / Belajar mandiri
- Penyiapan kain / Mor danting
- Penyiapan daun / Eksplorasi daun
- Proses printing pertama
- Evaluasi hasil printing
- Penyiapan daun dan desain
- Kemanfaatan produk
- Keindahan karya
- Pengetahuan baru
- Ramah lingkungan
- Nilai ekonomi
Soal-soal Tes Diagnostik
-
Level 1 - Mengenal ecoprint
- Apakah pernah mendengar istilah ecoprint?
- Pernahkah melihat produk ecoprint?
- Sebutkan macam-macam pewarna alam!
- Sebutkan jenis tanaman yang menghasilkan pewarna alam beserta warna yang dihasilkan!
- Sebutkan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
- Klasifikasikan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
- Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tajam!
- Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tidak tajam!
- Tahukah proses pembuatan ecoprint?
- Sebutkan tahapan pembuatan ecoprint!
Format Laporan Kegiatan
-
HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I - PENDAHULUAN- Latar Belakang
- Maksud dan Tujuan
- Manfaat
- Waktu Pelaksanaan Ecoprint
- Pembagian Tugas
- Jadwal Kegiatan Kelompok
- Hasil dari kegiatan Ecoprint
- Saran
- Kesimpulan
- Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
- Video kegiatan (bila ada)
Contact Person
Masnun Suaedi
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Maria Suharsini
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Wali Kelas/Pembimbing
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Kearifan Lokal
15 Mei- 7 Juni 2024
Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif dan inovatif sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk teknologi yang memudahkan kegiatan diri dan sekitarnya. Peserta didik mengasah berbagai ketrampilan berpikir dalam mewujudkan produk teknologi. Peserta didik dapat mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa secara sederhana mulai dari cara menentukan spesifikasi sampai dengan ujicoba, untuk membangun model atau prototipe produk bidang rekayasa. Peserta didik juga dapat mengasah ketrampilan coding untuk menciptakan karya digital dan berkreasi di bidang robotika.
Tim Kearifan Lokal
Informasi Umum
Penyusun | |
Tim Rekayasa Digital | |
Sekolah | |
SMA Negeri 2 Salatiga | |
Fase | |
E [Kelas X] | |
Waktu | |
102 jam pelajaran | |
Sarana Prasarana | |
Kamera Digital | |
Handycam/perekam | |
Sasaran | |
Peserta didik pada kelas regular |
Relevansi Tema dan Topik Projek
Tema | |
Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI | |
Topik Projek | |
Rekayasa Digital | |
Relevansi Tema dan Topik Projek | |
Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila
Deskripsi singkat Projek | |
Membuat film | |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila | |
Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah |
Profil Pelajar Pancasila terkait |
Profil Pelajar Pancasila |
Profil Pelajar Pancasila |
di akhir Fase E |
---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia | Akhlak kepada alam | Memahami keterhubungan ekosistem bumi | Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta |
Menjaga lingkungan alam sekitar | Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut | ||
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerja sama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Koordinasi sosial | Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama | ||
Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil | Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif | Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi. |
Bernalar kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan | Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan | Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu | ||
Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan |
Alur Kegiatan Projek
-
Pengenalan
Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Ekonomi, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika)- Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
- Memperkenalkan tema projek
- Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek
Kontektualisasi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 1 - Menggali informasi terkait ecoprint
- Melakukan survei lingkungan terkait tanaman yang ada di sekitarnya
- Memilih daun/tanaman yang akan di jadikan projek
- Menentukan jenis produk yang akan dikerjakannya
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Aksi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 2 - Peserta didik dibawah bimbingan pendidik menyusun proposal/rencana kegiatan projek
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 3 - Peserta didik mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 4
s.d.
Hari ke - 6- Mengerjakan projek dibawah bimbingan pendidik ( di tempat yang disudah disepakati
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 7 - Merancang pengemasan hasil projek
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 8 - Merencanakan pemasaran hasil projek
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
PelaporanWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 9
s.d.
Hari ke - 10- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan kegiatan
-
Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek
Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya
Asesmen
Tes Sumatif Ecoprint
Kelas : 10-A
KETERANGAN
Perencanaan
Kelas : 10-A
Akhir |
||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
  ACHMAD RIZQI AKBAR | ||||||||||||||||||
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO | ||||||||||||||||||
  ALIFIA KHOIRUN NISA | ||||||||||||||||||
  ANISA CAHYA KARTIKA | ||||||||||||||||||
  AULIA OKTA FITRIANI | ||||||||||||||||||
  AULIA RAHMA ASSYIFAA | ||||||||||||||||||
  AXEL PUTRA PRAKOSA | ||||||||||||||||||
  AZKI HILYATA MILLA | ||||||||||||||||||
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA | ||||||||||||||||||
  DANISSA SIFA AULIA | ||||||||||||||||||
  DINAR AMELIA | ||||||||||||||||||
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL |
Perencanaan
- Mengenal ecoprint
- Mengenal pewarna alam
- Klasifikasi tanaman yang digunakan untuk ecoprint
- Klasifikasi jenis tanaman yang menghasilkan warna tajam
- Proses ecoprint
- Eksplorasi / Belajar mandiri
- Penyiapan kain / Mor danting
- Penyiapan daun / Eksplorasi daun
- Proses printing pertama
- Evaluasi hasil printing
- Penyiapan daun dan desain
- Kemanfaatan produk
- Keindahan karya
- Pengetahuan baru
- Ramah lingkungan
- Nilai ekonomi
Soal-soal Tes Diagnostik
-
Level 1 - Mengenal ecoprint
- Apakah pernah mendengar istilah ecoprint?
- Pernahkah melihat produk ecoprint?
- Sebutkan macam-macam pewarna alam!
- Sebutkan jenis tanaman yang menghasilkan pewarna alam beserta warna yang dihasilkan!
- Sebutkan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
- Klasifikasikan macam daun yang dapat digunakan untuk ecoprint!
- Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tajam!
- Sebutkan daun yang menghasilkan warna yang tidak tajam!
- Tahukah proses pembuatan ecoprint?
- Sebutkan tahapan pembuatan ecoprint!
Format Laporan Kegiatan
-
HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I - PENDAHULUAN- Latar Belakang
- Maksud dan Tujuan
- Manfaat
- Waktu Pelaksanaan Ecoprint
- Pembagian Tugas
- Jadwal Kegiatan Kelompok
- Hasil dari kegiatan Ecoprint
- Saran
- Kesimpulan
- Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
- Video kegiatan (bila ada)
Contact Person
Masnun Suaedi
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Maria Suharsini
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Wali Kelas/Pembimbing
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila