Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Bacalah dengan seksama agar dapat mengerjakan tugas Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan benar.
- Bhinneka Tunggal Ika [Kelas 10 dan 11]
LEGENDA NUSANTARA
07 - 25 Okt 2024
Agenda Kegiatan P5
Legenda adalah sebuah genre dari cerita rakyat yang terdiri atas narasi yang menampilkan perbuatan-perbuatan manusia yang diyakini atau dipercayai oleh si pencerita dan pendengarnya sebagai suatu kisah nyata yang pernah terjadi. Narasi dalam genre ini bisa saja menunjukkan nilai-nilai manusia, dan memiliki beberapa kualitas tertentu yang membuat ceritanya terdengar seperti nyata. Legenda, untuk partisipan aktif dan pasif-nya dapat mencakup mukjizat atau keajaiban. Legenda dapat bertransformasi dari waktu ke waktu.
Tim Legenda Nusantara
Judul Legenda Nusantara
Informasi Umum
Penyusun | |
Tim Projek Legenda Nusantara | |
Sekolah | |
SMA Negeri 2 Salatiga | |
Fase | |
E [Kelas X] | |
Waktu | |
9 jam pelajaran | |
Sarana Prasarana | |
Naskah Pertunjukan | |
Gedung Pertunjukan | |
Properti Pertunjukan | |
Dekorasi | |
Sound system | |
Tata musik | |
Publikasi dan Dokumentasi | |
Perlengkapan yang mendukung | |
Sasaran | |
Peserta didik pada kelas regular |
Relevansi Tema dan Topik Projek
Tema | |
Legenda Nusantara | |
Topik Projek | |
Pertunjukann drama legenda | |
Relevansi Tema dan Topik Projek | |
Melakukan pertunjukan drama dengan naskah yang bersumber dari legenda Nusantara |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila
Deskripsi singkat Projek | |
Mementaskan naskah drama hasil lomba literasi penulisan naskah drama legenda | |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila | |
Profil Pelajar Pancasila terkait |
Profil Pelajar Pancasila |
Profil Pelajar Pancasila |
di akhir Fase E |
---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia | Akhlak kepada sesama manusia | Memahami hubungan antar manusia | Menciptakan hubungan antarmanusia yang harmonis |
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerja sama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil | Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif | Menghasilkan sebuah karya yang kreatif |
Tanggung jawab | Menyelesaikan tugas sampai tuntas | Mempertanggung jawabkan hasil pekerjaannya | Membuat sebuah karya dapat dipertanggung-jawabkan |
Kemandirian | Mengerjakan tugas secara mandiri | Mengerjakan tugas dengan mandiri dan inisiatif sendiri | Menyelesaikan tugas secara mandiri dan inisiatif tanpa bergantung kepada orang lain |
Alur Kegiatan Projek
-
Pengenalan
Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Agama dan Budi Pekerti)- Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
- Memperkenalkan tema projek
- Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek
Kontektualisasi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 1 - Menggali informasi legenda Nusantara
- Observasi naskah drama legenda
- Membedah naskah drama legenda
- Menyunting naskah drama legenda
- Memantapkan naskah drama legenda
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Aksi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 2
s.d.
Hari ke - 4- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat konsep.
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih sesuai pembagian tugas
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 5 - Peserta didik bersama guru pendamping melakukan evaluasi awal
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 6
s.d.
Hari ke - 8- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan persiapan pementasan
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih acting (latihan peran)
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 9 - Peserta didik bersama guru pendamping melakukan evaluasi latihan
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 10
s.d.
Hari ke - 11- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan gladi bersih
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 12
s.d.
Hari ke - 14- Peserta didik melakukan pementasan dan apresiasi terhadap pementasan drama
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
PelaporanWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 15 - Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan pementasan drama legenda Nusantara
-
Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi pementasan drama legenda Nusantara
Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya
Asesmen
Rubrik Asesmen Legenda Nusantara
Kelas : 10-A
KETERANGAN
Perencanaan
Kelas : 10-A
Akhir |
|||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
  ACHMAD RIZQI AKBAR | |||||||||||||||||
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO | |||||||||||||||||
  ALIFIA KHOIRUN NISA | |||||||||||||||||
  ANISA CAHYA KARTIKA | |||||||||||||||||
  AULIA OKTA FITRIANI | |||||||||||||||||
  AULIA RAHMA ASSYIFAA | |||||||||||||||||
  AXEL PUTRA PRAKOSA | |||||||||||||||||
  AZKI HILYATA MILLA | |||||||||||||||||
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA | |||||||||||||||||
  DANISSA SIFA AULIA | |||||||||||||||||
  DINAR AMELIA | |||||||||||||||||
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL |
Perencanaan
- Peserta didik menggali informasi legenda Nusantara
- Peserta didik observasi naskah drama legenda
- Peserta didik membedah naskah drama legenda
- Peserta didik menyunting naskah drama legenda
- Peserta didik memantapkan naskah drama legenda
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat konsep.
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping membuat berlatih sesuai pembagian tugas
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi awal
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan persiapan pementasan
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping berlatih acting (latihan peran)
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan evaluasi latihan
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melakukan gladi bersih
- Peserta didik melakukan pementasan dan apresiasi terhadap pementasan drama
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping melaksanakan pementasan
- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun laporan pementasan legenda Nusantara
Format Laporan Pementasan
-
HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I - PENDAHULUAN- Latar Belakang
- Maksud dan Tujuan
- Manfaat
- Waktu Pelaksanaan Pementasan Legenda
- Pembagian Tugas
- Jadwal Kegiatan Kelompok
- Sinopsis Naskah Drama
- Saran
- Kesimpulan
- Naskah Drama Legenda Nusantara
- Dokumentasi berupa foto perencanaan, latihan dan pementasan
- Video pementasan
- Poster publikasi pementasan
- Laporan pementasan
Contact Person
Masnun Suaedi
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Maria Suharsini
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Wali Kelas/Pembimbing
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
- Bangunlah Jiwa dan Raganya[Kelas 12]
SEHAT RAGAKU HEBAT JIWAKU
07 - 18 Oktober 2024
|Kelas 12-A : SD Negeri Tegalrejo 05 Kec. Argomulyo | | | |||
|Kelas 12-B : SD Negeri Tegalwaton 01 Kec. Tengaran | | | |||
|Kelas 12-C : SD Negeri Blotongan 02 Kec. Sidorejo | | | |||
|Kelas 12-D : SD Negeri Watuagung 01 Kec. Tuntang | | | |||
|Kelas 12-E : SD Negeri Ledok 06 Kec. Tingkir | | | |||
|Kelas 12-F : SD Negeri Jetak 03 Kec. Getasan | | | |||
|Kelas 12-G : SD Negeri Jetak 01 Kec. Getasan | | | |||
|Kelas 12-H : SD Negeri Randuacir 01 Kec. Argomulyo | | | |||
|Kelas 12-I : SD Negeri Salatiga 01 Kec. Sidorejo | | | |||
|Kelas 12-J : SD Negeri Tegalrejo 03 Kec. Argomulyo | | | |||
|Kelas 12-K : SD Negeri Kumpulrejo 01 Kec. Argomulyo | | |
Tim Bangunlah Jiwa dan Raganya
Informasi Umum
Penyusun | |
Tim Bangunlah Jiwa dan Raganya | |
Sekolah | |
SMA Negeri 2 Salatiga | |
Fase | |
F [Kelas XII] | |
Waktu | |
102 jam pelajaran | |
Sarana Prasarana | |
Sekolah sasaran | |
peralatan lain yang diperlukan | |
Sasaran | |
Peserta didik pada kelas regular |
Relevansi Tema dan Topik Projek
Tema | |
Bangunlah Jiwa dan Raganya | |
Topik Projek | |
PBB dan Turun Gudep | |
Relevansi Tema dan Topik Projek | |
PBB, senam kreasi dan kegiatan turun gudep |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila
Deskripsi singkat Projek | |
Membuat film | |
Dimensi, Elemen dan Sub Elemen dari Profil Pelajar Pancasila | |
Membuat film pendek, dokumenter, liputan seputar potensi daerah |
Profil Pelajar Pancasila terkait |
Profil Pelajar Pancasila |
Profil Pelajar Pancasila |
di akhir Fase F |
---|---|---|---|
Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME, dan Berakhlak Mulia | Akhlak kepada alam | Memahami keterhubungan ekosistem bumi | Memahami konsep sebab akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai sebab yang mempunyai dampak baik atau buruk, langsung maupun tidak langsung, terhadap alam semesta |
Menjaga lingkungan alam sekitar | Mewujudkan rasa syukur dengan berinisiatif untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan alam sekitarnya dengan mengajukan alternatif solusi dan mulai menerapkan solusi tersebut | ||
Gotong Royong | Kolaborasi | Kerja sama | Menyelaraskan tindakan sendiri dengan tindakan orang lain untuk melaksanakan kegiatan dan mencapai tujuan kelompok di lingkungan sekitar, serta memberi semangat kepada orang lain untuk bekerja efektif dan mencapai tujuan bersama |
Koordinasi sosial | Membagi peran dan menyelaraskan tindakan dalam kelompok serta menjaga tindakan agar selaras untuk mencapai tujuan bersama | ||
Kreatif | Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinil | Bereksperimen dengan berbagai pilihan solusi kreatif | Bereksperimen dengan berbagai pilihan secara kreatif untuk memodifikasi gagasan sesuai dengan perubahan situasi. |
Bernalar kritis | Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | Mengajukan pertanyaan | Mengajukan pertanyaan untuk klarifikasi dan interpretasi informasi, serta mencari tahu penyebab dan konsekuensi dari informasi tersebut |
Mengidentifikasi, mengklarifikasi, dan mengolah informasi dan gagasan | Mengidentifikasi mengklarifikasi, dan menganalisis informasi yang relevan serta memprioritaskan beberapa gagasan tertentu | ||
Membuktikan penalaran dengan berbagai argument dalam mengambil suatu kesimpulan atau keputusan |
Alur Kegiatan Projek
-
Pengenalan
Guru mata pelajaran yang berkolaborasi (Ekonomi, Bahasa Inggris, Kimia, Biologi, Fisika dan Matematika)- Menyosialisasikan materi Projek Profil Pelajar Pancasila( pengertian, tujuan dan manfaat kegiatan Projek Profil Pelajar Pancasila)
- Memperkenalkan tema projek
- Memperkenalkan elemen dan sub elemen projek
Kontektualisasi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 1 - Mencari sekolah sasaran
- Sosialisasi profil pelajar pancasila
- Penyampaian Informasi terkait Tema Projek
- Job Deskripsi dan Rencana Formasi PBB
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
Aksi Peserta DidikWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 2 - Kegiatan Pelatihan Baris Berbaris (6 JP) dan Penyusunan Essay (4 JP)
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 3 - Rencana Formasi PBB (6 JP) dan Penyusunan Essay (4 JP)
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 4 - Latihan Formasi PBB (6 JP) dan Penyusunan Essay (4 JP)
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 5 - Unjuk karya formasi PBB (6 JP)
- Mempersiapkan kegiatan Turun Gudep (2JP)
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
TerbukaHari ke - 6
s.d.
Hari ke - 7- Peserta didik melaksanakan kegiatan turun gudep (12 JP)
Religius
Kerjasama
Kreatif
Mandiri
Kritis
Terbuka
PelaporanWaktu
PelaksanaanKegiatan
Peserta DidikAspek yang Dinilai Hari ke - 8
s.d.
Hari ke - 10- Peserta didik dengan bimbingan guru pendamping menyusun dan mengumpulkan laporan kegiatan
- Peserta didik mengumpulkan laporan dan essay
- Peserta didik mengisi refleksi
-
Pendidik dan peserta didik melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan dan hasil projek
Tindak Lanjut
Berdasarkan hasil refleksi,pendidik dan peserta didik merencanakan tindak lanjut terhadap projek yang sudah dilaksanakan untuk projek berikutnya
Asesmen
Tes Sumatif Sehat Ragaku Hebat Jiwaku
Kelas : 10-A
KETERANGAN
Perencanaan
Kelas : 10-A
Akhir |
||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
  ACHMAD RIZQI AKBAR | ||||||||||||||||||
  AKIA 'ABID AKBARI ROMERO | ||||||||||||||||||
  ALIFIA KHOIRUN NISA | ||||||||||||||||||
  ANISA CAHYA KARTIKA | ||||||||||||||||||
  AULIA OKTA FITRIANI | ||||||||||||||||||
  AULIA RAHMA ASSYIFAA | ||||||||||||||||||
  AXEL PUTRA PRAKOSA | ||||||||||||||||||
  AZKI HILYATA MILLA | ||||||||||||||||||
  BERLIANNA LINTANG PURUHITA | ||||||||||||||||||
  DANISSA SIFA AULIA | ||||||||||||||||||
  DINAR AMELIA | ||||||||||||||||||
  EVANDRA ANANDA SYAFRIZAL |
Perencanaan
- Mencari sekolah sasaran
- Sosialisasi Profil Pelajar Pancasila
- Penyampaian Informasi terkait Tema Projek
- Penyampaian Informasi terkait Elemen dan Sub Elemen Projek
- Job Deskripsi dan Rencana Formasi PBB
- Menggali informasi tentang tema
- Kegiatan Pelatihan Baris Berbaris
- Penyusunan Essay
- Rencana Formasi PBB
- Latihan Formasi PBB
- Unjuk karya formasi PBB
- Mempersiapkan kegiatan Turun Gudep
- Melaksanakan kegiatan Turun Gudep
- Laporan P5 Bangunlah Jiwa dan Raganya
- Laporan Essay
Soal-soal Tes Diagnostik
-
Level 1 - Mengenal PBB
- Sebutkan manfaat adanya kegiatan PBB?
- Apakah yang kalian ketahui tentang kegiatan Turun Gudep
- Manfaat apa saja yang kalian peroleh setelah melaksanakan kegiatan Turun Gudep?
Format Laporan Kegiatan
-
HALAMAN SAMPUL (COVER)
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I - PENDAHULUAN- Latar Belakang
- Maksud dan Tujuan
- Manfaat
- Waktu Pelaksanaan
- Pembagian Tugas
- Jadwal Kegiatan Kelompok
- Hasil dari kegiatan Turun Gudep
- Saran
- Kesimpulan
- Dokumentasi berupa foto kegiatan dan hasil
- Video kegiatan (bila ada)
Contact Person
Masnun Suaedi
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Kurikulum SMA Negeri 2 Salatiga
081-575-440-484
Maria Suharsini
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Tim Implementasi Kurikulum Merdeka
085-727-990-059
Wali Kelas/Pembimbing
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Pembimbing dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila